SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Eratkan Hubungan Kekeluargaan Pesantren Al Hikam Malang Kunjungi Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarag

Terbit 17 Februari 2024 | Oleh : Admin | Kategori : Berita
Eratkan Hubungan Kekeluargaan Pesantren Al Hikam Malang Kunjungi Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarag

Ponpes Fadhlul Fadhlan (Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf) Semarang merupakan pesantren yang tidak asing lagi dikalangan masyarakat dan kalangan lembaga pendidikan lain yang kerap kali dijadikan tempat untuk study tour, study banding maupun silaturahmi dalam rangka memperkuat ukhuwah.

Seperti pada hari ini, Sabtu 17 Febuari 2023 Mahasantri dari pondok pesantrn mahasiswa Al Hikam malang kunjungi PPFF untuk mendapatkan Mauidhoh Hasanah serta ingin mendengarkan langsung bagaimana hububgan Pesantren Al Hikam dan Pesantren Fadhlul Fadhlan dari DR. KH. Fadlolan Musyaffa’ Lc.,MA pendiri dan pengasuh Ponpes Fadhlul Fadhlan yang merupakan kader dari KH. A. Hasyim Muzadi pendiri dan pengasuh Ponpes Al Hikam yang juga merupakan ulama besar yang berperan aktif sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2000-2010 dan juga sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada 19 Januari 2015 hingga wafat 16 Maret 2017.

Dalam kesempatan tersebut Yai Fadlolan menyampaikan bahwa KH. A. Hasyim Muzadi beserta keluarga besar Ponpes Al Hikam memiliki hubungan kekeluargaan yang sangat erat, Abah Yai Hasyim sudah seperti orang tua sendiri bagi Yai Fadlolan. Dalam kehidupan beliau, Abah Yai Hasyim memiliki peran penting dalam memberikan nasihat, pembelajaran bermasyarakat dan bernegara. Bahkan Abah Hasyim Muzadi, termasuk peletak batu pertama Ponpes Fadhlul Fadhlan, bersama para Simbah Yai maimun Zubair, KH Dr Ahmad Daroji, KH Ahmad. Hingga saat ini hubungan Keluarga KH. Hasyim Muzadi (allahu yarham) Pondok Pesantren al-Hikam Depok dan Malang dengan DR. KH. Fadlolan Musyaffa’ Lc., MA tetap terjalin layaknya keluarga, sebagaimana yang disampaikan oleh Yai Fadlolan “Al hikam bukan orang lain, saudara kami bagian dari kami dan perjuangan kami”

Setelah mendengarkan mauidhoh hasanah serta cerita dari Yai Fadlolan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian ijazah dimana asatid dan santri meminta ijazah dari Yai Fadlolan, lalu acara ditutup dengan do’a. Setelah do’a dilanjutkan dengan pemberian cindera mata oleh ketua panitia. Setelah itu dilanjutkan dengan ziarah ke makam As-Syahidah Ning Arina Sabiela Fadlolan, yang letaknya dibelakang mihrab masjid.


Kunjungan ini diakhiri dengan makan malam bersama di ndalem pengasuh. Semoga kunjungan ini semakin mempererat hubungan kekeluargaan antara ponpes Al Hikam dan Ponpes Fadhlul Fadhlan serta terus saling mendukung dalam perjuangan mengembangkan pendidikan terbaik untuk umat. Aamiin Allahuma Aamiin🤲

SebelumnyaSambut Hari Milad Ibu Nyai Hj. Fenty Hidayah, S.Pd.I., Santri PPFF Gelar Khataman Qur'an dan Doa Bersama SesudahnyaRangkuman Ngaji Tafsir Jalalain Surat Al-A'raf:85-89

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya