Bab Zakat Fitrah
Rangkuman Ngaji Bulughul Maram
Oleh : DR KH Fadlolan Musyaffa’ Lc.,MA.
Ahad, 21 Januari 2024
بَابُ صَدَقَۃِ الْفِطْرِ
Hadis oleh Ibnu Umar RA
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْھُمَا قَالَ : (فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّی اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَکَاۃَ الْفِطْرِ صَاعََا مِنْ تَمْرِِ أَوْ صَاعََا مِنْ شَعِيْرِِ عَلَی الْعَبْدِ وَالْحُرِّ وَالذَّکَرِ وَالْأُنْثَی وَالصَّغِيْرِ وَالْکَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. وَأَمَرَ بِھَا أَنْ تُٸَودَّی قَبْلَ خُرُوْجِ النَّاسِ اِلَی الصَّلاَۃِ) مُتَّفَقُُ عَلَيْهِ. وَ لاِبْنِ عَدِيِِّ وَالدَّارُ قُطْنِيِِّ بِاِسْنَادِِ ضَعِيْفِِ. (اَغْنُوْھُمْ عَنِ الطَّوَافِ فِيْ ھَذَا الْيَوْمِ)
Dari Ibnu Umar RA, Beliau berkata, “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah dengan satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas hamba sahaya, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa dari kalangan kaum Muslimin; dan beliau menyuruh agar zakat fitrah itu ditunaikan sebelum orang-orang keluar untuk mengerjakan shalat (Id).”
Muttafaq ‘alaih.
Dan dalam riwayat Ibnu Adi dan ad-Daraquthni dengan sanad lemah,” Cukupilah kebutuhan mereka (fakir miskin) sehingga mereka tidak berkeliling (untuk meminta-minta) di hari ini.”
Hadis tersebut menerangkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah yaitu satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum bagi hamba sahaya, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa. Beliau memerintahkan untuk menunaikan zakat fitrah sebelum shalat Id.
Hadis oleh Abu Sa’id al-Khudri
وَعَنْ أَبِيْ سَعِيْدِِ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ ; (کُنَّا نُعْطِيْھَا فِيْ زَمَنِ النَّبِيِّ صَلَّی اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَاعََا مِنْ طَعَامِِ, أَوْ صَاعََا مِنْ تَمْرِِ, أَوْ صَاعََا مِنْ شَعِيْرِِ, أَوْ صَاعََا مِنْ زَبِيْبِِ), مُتَّفَقُُ عَلَيْهِ. وَفِيْ رِوَايَۃِِ : (اَوْ صَاعََا مِنْ أَقْطِِ) قَالَ أَبُو سَعِيْدِِ : ( اَمَّا اَنَ فَلاَ أَزَالُ أُخْرِجُهُ فِيْ زَمَنِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّی اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ) وَ لِأَبِيْ دَاوُدَ : ( لاَ أُخْرِجُ أَبَدََا اِلاَّ صَاعََا).
Dari Abu Sa’id al-Khudri RA, Beliau berkata, Kami dahulu menunaikannya (zakat fitrah) di zaman Nabi SAW dengan satu sha’ makanan, atau satu sha’ kurma, atau satu sha’ gandum, atau satu sha’ anggur kering (kismis).” Muttafaq’ alaih.
Dalam riwayat lain, “Atau satu sha’ keju.”
Abu Sa’id berkata, “Adapun aku, maka senantiasa mengeluarkan zakat seperti yang aku keluarkan di masa Rasulullah SAW.”
Dan dalam riwayat Abu Dawud, “Aku tidak pernah mengeluarkan (zakat), melainkan (sebanyak) satu sha'”
Hadis tersebut menerangkan bahwa umat Islam pada zaman Nabi SAW mengeluarkan zakat fitrah yaitu dengan satu sha’ makanan, atau satu sha’ kurma, atau satu sha’ gandum, atau satu sha’ anggur kering (kismis).
Hadis oleh Ibnu Abbas
وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسِِ رَضِيَ اللهُ عَنْھُمَا قَالَ : (فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّی اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَکَاۃَ الْفِطْرِ طُھْرَۃََ لِلصَّاٸِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطَعْمَۃََ
لِلْمَسَاکِيْنَ, فَمَنْ أَدَّاھَا قَبْلَ الصَّلاَۃِ فَھِيَ زَکَاۃُُ مَقْبُوْلَۃُُ, وَمَنْ أَدَّاھَا بَعْدَ الصَّلاَۃِ فَھِيَ صَدَقَۃُُ مِنَ الصَّدَقَاتِ) رَوَاهُ اَبُوْ دَاوُدَ وَابْنُ مَاجَهْ, وَصَحَّحَهُ الْحَاکِمُ.
Dari Ibnu Abbas RA, Beliau berkata, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan omongan yang kotor, serta sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barangsiapa menunaikannya sebelum shalat (Id), maka itu adalah zakat yang diterima. Dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat (Id), maka ia hanyalah sedekah dari sedekah-sedekah biasa.”
Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah, serta dishahihkan oleh al-Hakim.
Hadis tersebut menerangkan bahwa zakat fitrah dapat menyucikan diri dari perbuatan dosa dan sebagai bahan makanan bagi orang miskin. Bagi orang yang mengeluarkan zakat fitrah sebelum shalat Id, maka diterima zakatnya. Jika mengeluarkan zakat fitrah setelah shalat Id, maka hanya sedekah.