SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Delegasi Santri PPFF Ikuti Bahtsul Masail Fiqhiyyah Se-Jawa dan Madura

Terbit 25 Oktober 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Berita
Delegasi Santri PPFF Ikuti Bahtsul Masail Fiqhiyyah Se-Jawa dan Madura

Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf) Semarang, mengikuti Bahtsul Masail Fiqhiyyah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati, Bangsri, Jepara. Adapun santri yang menjadi delegasi dari PPFF, yakni: Idlalul Akmal, M. Akmal Muntafi’ dan Faisal Akbar.

Acara Bahtsul Masail Fiqhiyyah tersebut diikuti sekitar 60 Pondok Pesantren Salaf Se-Jawa dan Madura, yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 Oktober 2023. Dalam rangkaian acara tersebut, ada lima as’ilah yang diajukan panitia kepada musyawirin yaitu:
1. Rencana Modifikasi al-Qur’an yang akan dilakukan oleh presiden China Xin Jinping.
2. Momok teknologi AI dengan berbagai dampak positif dan negatifnya.
3. Problematika santri yang telat membayar i’anah Pesantren.
4. Fenomena mempercayai mitos “kaboten jeneng”.
5. Keputusan pemerintah mengenai penutupan TikTok Shop yang disnyalir merugikan pedagang lapak di pasar.

Pelaksanaan Bahtsul Masail Fiqhiyyah terdiri dari dua jalsah (2 sesi). Jalsah pertama dimulai hari Senin tanggal 23 Oktober 2023 pada jam 20.00-24.00 dan jalsah kedua dimulai hari Selasa tanggal 24 Oktober 2023 pada jam 08.00-12.00. Kegiatan berjalan dengan lancar dan meriah. Berbagai argumen dari masing-masing delegasi puluhan ponpes itu saling beradu dengan argumentasi dengan dikuatkan opini pendapat dan dalil-dalilnya serta cara menerapkan dalil dari Alquran, Hadis, Ijma’ dan Qiyas dari berbagai pandangan ulama dari Madzhab Syafi’i. Berbagai kitab madzhab Syafi’i mereka kutip, dan sesekali mengutip dari salah satu madzhab 4 bila sangat membutuhkan dan terdapat penjelasan yang mesti perlu perbandingan madzhab diluar madzhab Syafi’i.

Semoga dengan mengikuti Acara Bahtsul Masail Fiqhiyyah tersebut dapat membuka cakrawala satri dalam mengkaji kitab, sekali gus berlatih menjawab problematika masyarakat dimana setiap santri kelak akan pulang menjadi tumpuhan masyarakat dalam rujukan hukum yg berkembang dalam masyarakat mading-masing santri.
Semoga acara bahtsul masail tsb membuka tali silaturrahmi antar pondok pesantren dalam mencari solusi di tengah tantangan zaman dan menambah semangat santri dalam tholabul ilmi. Aamiin allahumma aamiin 🤲

SebelumnyaHak-Hak Persaudaraan dan Persahabatan SesudahnyaRangkuman Ngaji Ta'limul Muta'allim Rabu, 25 Oktober 2023 Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya