SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Seorang santri sebaiknya selalu mengangan-angan dan mengambil faedah dalam setiap aktifitas yang dilakukan orang disekitarnya.

Terbit 13 September 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Akhlak
Seorang santri sebaiknya selalu mengangan-angan dan mengambil faedah dalam setiap aktifitas yang dilakukan orang disekitarnya.

Rangkuman Ngaji Ta’limul Muta’allim
Rabu, 13 September 2023
Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA
=================================

Rasulullah SAW bersabda: “Hikmah adalah sesuatu yang hilang dari orang mukmin (nilai dibalik nilai)”.
Dimanapun ia mendapatkan maka mengambilnya. Dikatakan: “Ambilah sesuatu yang jernih (baik) dan tinggalkan sesuatu yang keruh(jelek)”.

Saya mendengar al-Syekh al-Imam al-Ajal al-Ustadz Fahruddin al-Kasyani berkata bahwasannya Pembantu Abi Yusuf sedang bersama dengan Muhammad. Kemudian Muhammad berkata kepadanya: “apakah ada perkataan Syekh Abi Yusuf tentang masalah fiqih yang kamu hafal?” Pembantu Syekh Abi Yusuf menjawab: Tidak (ada yang hafal) kecuali satu yang selalu diulang oleh Syekh Abi Yusuf yaitu tentang bagian (waris) yang berputar (membingungkan) itu gugur.

Kemudian Muhammad menghafalkannya dari pembantu Syekh Abi Yusuf. Sedangkan Muhammad sedang mengahadapi masalah sulit hal tersebut. Seketika itu, masalahnya hilang (selesai) dengan kalimat Abi Yusuf yang dihafalkan melalui pembantunya.

Bisa difahami bahwanya mengambil faedah bisa dari siapapun (tanpa memandang siapa dia).

والله أعلم باالصواب

SebelumnyaBukti Nyata Rasa Cinta Karena Allah SesudahnyaGus Arif Zamhari, M.Ag., Ph.D., Beri Motivasi Kepada Santri PPFF Untuk Studi ke Luar Negeri Dalam Acara Stadium Generale "Prospek Santri Studi ke Luar Negeri"

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya