SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Bukti Nyata Rasa Cinta Karena Allah

Terbit 12 September 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Tasawuf
Bukti Nyata Rasa Cinta Karena Allah

Rangkuman Ngaji Mauidhotul Mukminin
Selasa, 12 September 2023
Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

=================================

بسم الله الرحمن الرحيم.

Diantara Atsar yang menjelaskan mengenai pujian atas kasih sayang adalah riwayat dari Imam al-Fudhail rahimahullah. Beliau berkata: ” Apakah engkau ingin bertempat di surga firdaus dan bersanding dengan ar-Rahman di surgaNya bersama para nabi, shidiqin, syuhada’ dan orang-orang sholih? Maka lakukanlah setiap amal baik, tinggalkan setiap kesenangan nafsu, tahanlah amarah, sambunglah seluruh kerabat, maafkanlah setiap kesalahan saudara dan temanmu, jauhilah setiap kerabat dekat karena Allah Swt, dan dekatilah setiap kerabat jauh karena Allah”: Beliau juga berkata: ” _Pandangan seorang ke wajah saudaranya atas dasar cinta dan belas kasih adalah ibadah._”

Bukti Nyata Rasa Cinta Karena Allah
Menyatakan rasa cinta karena Allah, yaitu dalam bentuk seseorang mencintai saudaranya bukan karena orangnya, tetapi karena unsur-unsur yang bernilai akhirat, seperti orang yang mencintai gurunya, karena dengan perantara guru, ia bisa memperoleh ilmu dan memperbaiki amal. Sedangkan tujuannya dari ilmu dan amal adalah keberuntungan di akhirat. Maka orang seperti ini termasuk dari golongan yang saling mencitai karena Allah Swt.

Begitupula guru yang mencitai muridnya, karena sungguh murid itu telah mendapatkan ilmu darinya, dan ia bisa mendapatkan derajat pengajar (mengamalkan ilmu) dengan perantara muridnya . Maka ia termasuk orang yang mencintai karena Allah Swt. Bahkan ketika ada orang yang menyedekahkan hartanya karena Allah, mengumpulkan para tamu, menyediakan berabeka ragam makanan yang lezat kepada mereka dengan tujuan mendekatkann diri kepada Allah Swt, lalu tamu senang kepada juru masak karena kepandaiannya dalam memasak, maka ia juga termasuk dari golongan yang mencintai karena Allah Swt.

والله أعلم باالصواب

SebelumnyaIkhtiar Berdoa Tolak Bala', di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Melakukan Tradisi Rebo Wekasan SesudahnyaSeorang santri sebaiknya selalu mengangan-angan dan mengambil faedah dalam setiap aktifitas yang dilakukan orang disekitarnya.

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya