SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Bab: Hal-hal Yang Mendatangkan Rezeki dan Yang menghalangi Rezeki, Hal Yang Menambah Umur Dan Yang Menguranginya

Terbit 23 Juni 2022 | Oleh : Admin | Kategori : Akhlak
Bab: Hal-hal Yang Mendatangkan Rezeki dan Yang menghalangi Rezeki, Hal Yang Menambah Umur Dan Yang Menguranginya

Rangkuman Ngaji Ta’lim Muta’alim

Jum’at, 23 Juni 2022

Oleh : DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

=================================

بسم الله الرحمن الرحيم

Hendaknya para pelajar mengetahui hal-hal yang dapat mendatangkan rezeki, juga harus mengetahui apa yang dapat menambah dan mengurangi umur, serta hal yang menyehatkan badan agar mudah dalam menuntut ilmu.

 

قال رَسُوْلُ اللّهِ صَلى اللّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ لَا يَرُدُّ القَدْرَ اِلّاَ الدُّعَاءُ وَ لَا يَزِيْدُ العُمْرِ اِلَا البِرِّ فَاِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيْبُعُ

Rasulullah SAW bersabda:” Tidak dapat menolak takdir kecuali berdo’a. Dan tidak dapat menambah usia kecuali berbuat baik. Maka sesungguhnya seseorang terhalang rezekinya karena dosa yang telah dilakukannya.”

Hadist ini menunjukkan bahwa melakukan dosa dapat menyebabkan terhambatnya rezeki, khusunya dosa akibat melakukan maksiat karena maksiat menyebabkan kefakiran.

 

Tidur pagi dapat menyebabkan miskin harta juga miskin ilmu. Disebutkan dalam syair:

سُرُوْرُ النَّاسِ فى لُبْسِ اللّبَاسِ # وَجَمْعُ العِلْمّ فى تَرْكِ النُّعَاسِ

“Bahagianya orang jika mengenakan pakaian, adapun cara untuk mengumpulkan ilmu dengan mengurangi tidur”

Syair diatas menunjukkan bahwa manusia bahagia dengan pakaian yang dikenakannya, manusia akan malu apabila tidak mengenakan pakaian. Pakaian dapat membahagiakan manusia, apabila manusia mengenakan pakaian yang nyaman baginya dan enak dipandang, maka manusia merasa senang dan percaya diri begitu juga sebaliknya.

 

Untuk mendapatkan ilmu, hendaknya seorang pelajar menahan dirinya dari rasa kantuk, hendaknya mengurangi waktunya untuk tidur dan menggunakan waktunya untuk belajar.

 

اَلَيْسَ من الخُسْرَانِ اَنَّ لَيَالِىَا # تَمُرُّ بِلَا نَفْعٍ وَ تُحْسَبْ من العُمْرِِ

“Bangunlah di waktu malam agar kamu mendapat petunjuk yang benar. Betapa lamanya kamu tidur, sementara umurmu semakin berkurang.”

Syair diatas menunjukkan bahwa hendaknya seorang pelajar bangun dimalam hari untuk belajar dan tidak menghabiskan waktu malamnya hanya untuk tidur saja, karena waktunya akan habis hanya digunakan untuk tidur sedangkan usia terus bertambah. Oleh sebab itu hendaknya seorang pelajar mengurangi waktu malamnya untuk tidur dan menghabiskan waktu malamnya untuk belajar.

 

Termasuk yang dapat menghambat rezeki yaitu tidur dengan telanjang, makan dalam keadaan junub, makan sambil bersandar diatas lambung, membiarkan makanan terjatuh, membakar kulit bawah merah dan putih, menyapu rumah dengan sapu tangan, menyapu rumah pada malam hari, membiarkan sampah didalam rumah, berjalan dimuka orangtua, memanggil ayah ibunya dengan namanya, membersihkan makanan yang tersisa dicelah-celah gigi dengan sembarang kayu, membersihkan tangan dengan debu, duduk didepan pintu, bersandar pada salah satu daun pintu, wudhu ditempat buang kotoran, menambal baju yang sedang dipakai, mengeringkan wajah dengan baju, membiarkan rumah laba-laba didalam rumah dan menyepelekan shalat.

والله أعلم بالصواب

SebelumnyaBAB: ETIKA NIKAH SesudahnyaRangkuman Tafsir Jalalain Surat Al-Maidah: 41-43

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya