SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Rukun Rukunnya Sholat

Terbit 18 November 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Fiqih
Rukun Rukunnya Sholat

Kamis, 18 November 2021

Kajian Al-Yaqutun Nafis
Oleh : DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

Rukun-rukun Shalat

Rukunnya shalat ada 17 yaitu:

Niat, takbiratul ihram, berdiri dalam shalat fardlu, membaca Al-fatihah, rukuk, tuma’ninah ketika rukuk, i’tidal, tuma’ninah ketika i’tidal, sujud, tuma’ninah ketika sujud, duduk diantara dua sujud, tuma’ninah ketika duduk diantara dua sujud, tasyahud akhir, duduk ketika tasyahud akhir, membaca shalawat kepada Nabi setelah membaca tasyahud, salam, dan tertib.

Niat shalat melalui hati, mulut mengucap takbir serta niat melalui hati dan kedua tangan diangkat. Niat “ushalli” dapat dilafalkan sebelum takbir dengan tujuan untuk membantu menuntun hati berniat shalat dengan menyatukan gerakan mengankat kedua tanhan saat takbir. Terkadang hati seseorang sulit untuk berniat bareng dengan ucapan takbir dan gerakan angkat dua tangan. Maka melafalkan ushalli bisa mentalqin/menuntun hati untuk berniat, sehingga membuat seseorang lebih khusyuk dalam melaksanakan salat ygjauh dari was-was.

Didalam rukun shalat membaca, artinya adalah dilafalkan hingga terdengar oleh diri sendiri (sirri) atau terdengar oleh diri sendiri dan orang lain (jahr). Kemudian shalat dilaksanakan dengan tertib yang artinya dilakukan dengan mendahulukan rukun sesuai dengan urutannya.

والله أعلم بالصواب

Sekian rangkuman kitab Al-Yaqutun Nafis semoga bermanfaat. Nantikan rangkuman materi berikutnya di hari Kamis selanjutnya✨

SebelumnyaUdzurnya Shalat, Shalat Yang Diharamkan Dan Syarat Wajibnya Shalat SesudahnyaPenerimaan Peserta Didik baru 2022/2023

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya