SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Penyebab Lupanya Seorang Pelajar

Terbit 22 September 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Akhlak
Penyebab Lupanya Seorang Pelajar

Kajian Ta’lim Muta’alim | Hal : 27 | DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. | 22 September 2021

PENYEBAB LUPANYA SEORANG PELAJAR

Terkadang sifat malas muncul pada seorang penuntut ilmu disaat berjalanya proses belajar dikarenakan banyaknya dahak dan air liur. Dan dikatakan 70 Nabi telah sepakat bahwa penyebab lupanya seseorang karena banyaknya dahak yang disebabkan terlalu banyak minum sedang banyak minum disebabkan banyak makan.

Beberapa cara mencegah banyaknya dahak diantara lain:
1. Sebaiknya seorang penuntut ilmu mengurangi (porsi) makan karena dengan banyak makan akan timbul rasa malas yang menghambat proses belajar.
2. Sebaiknya seorang penuntut ilmu tidak terlalu banyak memakan anggur agar tidak terlalu membutuhkan minum sebab jika terlalu banyak minum dapat menimbulkan banyak dahak.
3. Sebaiknya seorang penuntut ilmu bersiwak (menggosok gigi dengan memakai kayu arok) karena dapat mengurangi dahak dan air liur serta dapat memperlancar hafalan.

BAHAYANYA SEORANG PELAJAR YANG MEMILIKI SIFAT BANYAK MAKAN

Seorang pelajar harus memiliki tubuh yang sehat agar dapat melaksanakan kewajibannya dalam belajar. Untuk memiliki tubuh yang sehat tentu diperlukan menjaga pola makan yang baik. Makan itu wajib dan dibutuhkan oleh tubuh, yang salah adalah apabila makan berlebihan (dengan porsi yang terlalu banyak) memiliki banyak pengaruh yang diantaranya mengakibatkan mengantuk, menjadi malas, dan merugikan diri sendiri karena waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar menjadi terbuang sia-sia.

Adapun cara untuk mengurangi makan yaitu dengan berangan-angan mengenai manfaatnya makan sedikit diantaranya:
1. Dapat menyehatkan badan
2. Menjaga diri dari barang haram atau syubhat
3. Terjaga hatinya (mau mengalah demi kepentingan orang lain)

Dikatakan dalam sebuah syair:
فَعَارٌ ثُمَّ عَارٌ ثُمَّ عَارٌ # شَقَاءُ الْمَرْءِ مِنْ اَجْلِ الطَّعَامِ
“Celakalah orang yang banyak makan karena mereka hanya berfikir untuk perut (makan saja) sehingga mendatangkan maksiat.”

Sebaiknya seorang pelajar menjaga pola makannya sehingga makan dengan porsi sewajarnya dan tidak berlebihan. Karena apabila seorang pelajar makan dengan banyak maka ia termasuk orang yang celaka.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
وَ عَنِ النَّبِى صَلَّى اللٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنَّهُ قَالَ : ثَلاَثَةٌ يُبْغِضُهُمُ اللّٰهُ تَعَالٰى مِنْ غَيْرِ جُرْمٍ الاَكُوْلُ وَالبَخِيْلُ وَالْمُتَكَبِّرُ

Ada tiga orang yang dimurkai Allah SWT tanpa melakukan dosa yaitu:
1. Orang yang banyak makan
2. Orang yang bakhil (pelit)
3. Orang yang sombong

Sebaiknya setiap pelajar tidak memiliki sifat banyak makan karena dengan banyak makan hanya akan timbul berbagai macam penyakit dan tumpul otak pada pelajar sehingga mengilangkan kecerdasan (susah dalam menghafal). Disamping itu banyak makan juga dapat membuat orang menjadi boros karena hanya menuruti keinginan hawa nafsunya saja.

Termasuk jalan untuk mengurangi makan diantaranya:
1. Apabila sedang makan, makanlah makanan yang mengandung lemak
2. Mendahulukan makan makanan yang halus dan memakan makanan yang disukai
3. Dan janganlah makan dalam keadaan amat lapar, karena ditakutkan makan berlebihan kecuali orang-orang tersebut memiliki hajat makan banyak dengan maksud dan tujuan yang baik. Misalnya agar puasa, shalat, dan suatu pekerjaannya yang berat dapat dikerjakan dengan baik.
والله أعلم بالصواب

SebelumnyaRangkuman Pengaosan Kitab Bulughul Maram BAB 4: BAB Menerangkan Tentang Wudlu SesudahnyaPengertian Najis, Macam-Macam Najis dan Cara Menghilangkan Najis

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya