SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Tafsir Jalalain An-Nisa : 78-80

Terbit 22 Agustus 2021 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Tafsir
Tafsir Jalalain An-Nisa : 78-80

Kajian Tafsir Jalalain

Ahad, 22 Agustus 2021

Oleh DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

Surat An-Nisa : 78-80

ALLAH SWT MAHA KUASA MEMBERIKAN KEBAIKAN ATAU KEBURUKAN BAGI SIAPA SAJA

Kajian Tafsir Jalalain hari ini diawali dengan Firman Allah SWT yang menegaskan bahwa “Kematian akan tetap mendapati manusia, walaupun manusia itu berada di benteng yang kokoh sekalipun”. Ayat ini menajadi sindiran kepada orang munafiq yang tidak mau berperang karena takut mati seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan kemarin.

Ayat selanjutnya juga menjadi bantahan terhadap orang munafik dari kalangan Yahudi yang mengatakan bahwa keburukan yang terjadi adalah tersebab Muhammad Rasulullah SWA, sedangkan kebaikan yang ada datangnya dari Allah SWT. Tuduhan orang Yahudi ini berkaitan dengan peristiwa krisis ekonomi, dan wabah penyakit yang terjadi di Madinah setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Allah SWT kemudian memberikan bantahan dengan berfirman “Kebaikan ataupun keburukan, kemenangan ataupun kekalahan, semuanya datang dari sisi Allah SWT”.

Allah mendatangkan keburukan, sebenarnya adalah karena dosa-dosa yang kita lakukan. Maksiat yang kita lakukan menjadi perantaraan datangnya ujian atau cobaan dari Allah SWT agar kita kembali kepada-Nya dan semakin bertaqwa kepada-Nya. Semoga kita senantiasa menjaga ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan senantiasa mendapatkan petunjuk untuk berbuat baik. Aamiin allahumma aamiin.

Wallahu a’lam bis shawab..

SebelumnyaDo'a Malam 10 'Asyuro Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan SesudahnyaMacam-macam Air #3

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya