SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Destinasi Ke Enam Ziarah Auliya’ Jawa – Madura Bagi Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan ( Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf ) Semarang

Terbit 1 Oktober 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Giat Santri
Destinasi Ke Enam Ziarah Auliya' Jawa - Madura Bagi Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan ( Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf ) Semarang

Setelah berziarah dari Makam Sunan Bonang, rombongan ziarah Pengasuh Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan, DR. KH. Fadlolan Musyaffa’ Lc., MA dan Ibu Nyai Fenty Hidayah, S.Pd.I melanjutkan perjalanan ziarah ke Demak yaitu kota yang mempunyai julukan “Kota Wali” untuk berziarah ke Makam Sunan Kalijaga yang berada di Kadilangu, Demak, Jawa Tegah.

Sunan Kalijaga adalah wali yang hidup di tanah Jawa Tengah, lahir sekitar tahun 1400-an dari keluarga bangsawan Tuban, yakni dari seorang bupati Tuban bernama Tumenggung Wilatikta dan istrinya yang bernama Dewi Nawangrum. Kala itu, nama kecil Beliau adalah Raden Sahid.

Beliau menguasai ilmu seni, kebudayaan masyarakat lokal, sastra Jawa, ilmi falak dam lainnya. Dan ilmu ruhaniah Beliau dalami sampai diangkat menjadi wali di tanah Jawa.

Salah satu karomah Sunan Kalijaga adalah mengubah pasir menjadi beras. Ketika Sunan Kalijaga melihat orang yang miskin datang ke kepala dusun dengan tujuan meminta dipinjami beras seliter untuk makan anaknya yang belum makan. Kepala dusun berkata bahwa semua karung di rumahnya bukanlah beras, melainkan berisi pasir. Mendengar kebohongan itu, Sunan Kalijaga berdoa kepada Allah SWT agar mengubah semua beras dalam karung itu menjadi pasir. Seketika itu juga doa Sunan Kalijaga dikabulkan Allah SWT.

Semoga dengan berziarah ke makam Sunan Kalijaga dapat meneladani bahwa Sunan Kalijaga adalah orang yang alim yang sangat dekat kepada Allah SWT. Kita yaki bahwa dengan tawassul kepada waliyullah, Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Aamiin Allahumma Aamiin.

SebelumnyaDestinasi ke Lima Ziarah Auliya' Jawa Timur-Madura Bagi Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan ( Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf) Semarang SesudahnyaRangkuman Ngaji Bulughul Maram Oleh : DR. KH. Fadlolan Musyaffa' Lc., MA. Senin, 2 Oktober 2023

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya