SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Keutamaan Qoilulah

Terbit 28 Agustus 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Fiqhiyah
Keutamaan Qoilulah

Dalam kehidupan di pesantren dikenal ada tradisi qailulah, yaitu tidur sekejap di siang hari. Tradisi ini umumnya merujuk kepada hadits Nabi SAW:

قيلوا فإن الشياطين لا تقيل
“Tidurlah qailulah (tidur amat sedikit pada waktu siang) karena setan tidak mengambil tidur siang.” (HR Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb)

Seperti perkataan dari Syekh Ash-Shan’ani rahimahullah berkata, “Qailulah adalah istirahatlah pada pertengahan siang walaupun tidak tidur.”
Maka, qailulah berarti tidur sedikit atau istirahat yang dilaksanakan pada siang hari.
Sedangkan menurut Al-Munawi rahimahullah berkata, “Qailulah adalah tidur di pertengahan siang ketika zawal (waktu dhuhur) atau mendekati waktu zawal sebelum atau sesudahnya.”

Waktu Qoilulah

Waktu qailulah ini ada yang menafsirkan tidur sebelum waktu zuhur (tergelincirnya matahari), ada pula yang menafsirkan setelah masuk waktu zuhur. Intinya, fungsi utama tidur siang ini adalah sebagai persiapan agar dapat melaksanakan qiyam al-lail dengan shalat, berdzikir ataupun belajar di malam hari.

Seperti yang dijelaskan oleh Imam al-Ghazali:
القيلولة وهي سنة يستعان بها على قيام الليل كما أن التسحر سنة يستعان به على صيام النهار
Artinya: Tidur sedikit waktu siang (qailulah) adalah sunnah yang dapat membantu seseorang untuk melaksanakan qiyam al-lail, seperti halnya sahur hukumnya sunnah yang berfungsi untuk membantu seseorang dalam melaksanakan puasa di siang hari (Al-Ghazali, Ihya’ ulum ad-Din, juz 1, halaman: 338).

Manfaat Qoilulah bagi kesehatan

1. Tidur sedikit pada waktu siang mampu merelaksasi tubuh dan dapat menenangkan saraf-saraf tegang, lelah akibat berbagai kegiatan
2. memperbaiki suasana hati
3. Bisa menurunkan tekanan darah
4. mengurangi stres
5. Meningkatkan kreativitas
6. Dapat mencerdaskan akal
7. meningkatkan konsentrasi
8. menghilangkan kantuk
9. badan terasa lebih segar

Setiap ajaran Nabi SAW pasti mengandung ilmu dan hikmah. Termasuk qailulah. Melakukan qailulah setelah lelah belajar atau bekerja di siang hari akan mendapatkan pahala karena menjalankan sunah Nabi SAW. Selain mendapatkan pahala, qailulah juga sangat penting bagi santri agar kuat belajar dan beribadah di malam hari.
WaAllahu a’lam

SebelumnyaRangkuman Ngaji Bulughul Maram Ahad, 27 Agustus 2023 Oleh : DR KH. Fadlolan Musyaffa' Lc., MA. SesudahnyaDR. KH. Fadlolan Musyaffa', Lc. MA Hadir Sebagai Pemimpin Maulid Dziba' dalam Majelis Silaturahim Masyayikh Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah di Universitas Wahid Hasyim

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya