SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

BAB: MENGHORMATI ILMU DAN GURU

Terbit 4 Januari 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Akhlak
BAB: MENGHORMATI ILMU DAN GURU

Rangkuman Ngaji Ta’lim Muta’alim

Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

=================================

بسم الله الرحمن الرحيم

Para pelajar tidak akan mendapatkan ilmu, dan tidak akan dapat mengambil manfaatnya ilmu, kecuali dengan menghormati ilmu dan guru.

Termasuk menghormati guru diantaranya yaitu tidak berjalan di depan guru, tidak memulai berbicara kecuali telah mendapatkan izin dari guru, tidak banyak berbicara didepan guru, tidak bertanya ketika guru terlihat lelah, harus bisa menjaga waktu guru (mengetahui kapan waktu luang guru). Jika sedang bertamu dikediaman guru, tidak mengetuk pintu, hendaknya sabar menunggu hingga Beliau keluar. Dan termasuk menghormati guru adalah menghormati putra-putranya, dan orang yang berhubungan dengannya.

Semua ini dilakukan agar para pelajar mendapatkan ridho para guru. Untuk mendapatkan ridhonya, para pelajar harus menjauhi hal-hal yang menyebabkan beliau marah, mematuhi semua perintah guru (kecuali perintah melakukan maksiat) karena tidak boleh taat pada makhluk hanya untuk bermaksiat kepada Allah SWT.

Maka dari itu, hendaknya para pelajar menjaga perilakunya kepada guru, menghormati guru, dan menjauhi larangannya, agar mendapatkan ridhonya.

والله أعلم باالصواب

 

SebelumnyaBAB: Kewajiban Adil dan Menjauhi Kezhaliman Saat Bekerja SesudahnyaPesantren Fadhlul Fadhlan Sediakan Adam Mart, Sebagai Penunjang Kebutuhan Santri

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya