SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Rangkuman Tafsir Jalalain Surat Al-Maidah: 64-67

Terbit 21 Agustus 2022 | Oleh : Admin | Kategori : Tafsir
Rangkuman Tafsir Jalalain Surat Al-Maidah: 64-67

Rangkuman Ngaji Tafsir Jalalain

Ahad, 21 Agustus 2022

Oleh : DR. KH. Fadholan Musyaffa’, Lc., MA

=================================

Lanjutan Surat Al-Maidah Ayat 64

وَأَلْقَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ۚ كُلَّمَا أَوْقَدُوا نَارًا لِّلْحَرْبِ أَطْفَأَهَا اللَّهُ ۚ وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا ۚ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

Dan Kami timbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka sampai hari Kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah SWT memadamkannya. Dan mereka berusaha (menimbulkan) kerusakan di bumi. Dan Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Ayat ini masih menceritakan tentang kaum Yahudi yang kafir yang menentang kitab suci Allah SWT berupa Kitab Taurat dan Injil.  Setiap mereka bermaksud untuk menentang dan memerangi Nabi Muhammad SAW, rencana mereka digagalkan oleh Allah SWT dan akhirnya mereka berusaha berbuat kerusakan di bumi dengan bermaksiat.

Surat Al-Maidah Ayat 65

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْكِتَابِ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَكَفَّرْنَا عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَأَدْخَلْنَاهُمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ

Artinya : Dan sekiranya ahli Kitab itu beriman dan bertakwa, niscaya kami hapus kesalahan-kesalahan mereka, dan mereka tentu kami masukkan ke dalam surga-surga yang penuh kenikmatan.

Ayat ini menjelaskan setiap dari kaum yahudi telah diberi kenikmatan berupa kekayaan yang berlipat, hingga akhirnya mereka lalai dan kafir. Padahal apabila mereka mau bertaqwa dan beriman kepada Nabi Muhammad SAW, niscaya akan mendapatkan kenikmatan di dunia dan di akhirat.

Surat Al-Maidah Ayat 66

وَلَوْ أَنَّهُمْ أَقَامُوا التَّوْرَاةَ وَالْإِنجِيلَ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْهِم مِّن رَّبِّهِمْ لَأَكَلُوا مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِم ۚ مِّنْهُمْ أُمَّةٌ مُّقْتَصِدَةٌ ۖ وَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ سَاءَ مَا يَعْمَلُونَ

Artinya : Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada sekelompok yang jujur dan taat. Dan banyak di antara mereka sangat buruk apa yang mereka kerjakan.

Diantara mereka ada yang beriman dan tidak, sekiranya mereka mau berpegang teguh terhadap ajaran kitab Allah SWT, niscaya mereka akan dilimpahkan rezekinya oleh Allah SWT berupa makanan yang mudah ditemukan disekitarnya.

Tafsir Surat Al-Maidah Ayat 67

يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ ۖ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ ۚ وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Artinya : Wahai Rasul! Sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu) berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya. Dan Allah SWT memelihara engkau dari (gangguan) manusia. Sungguh, Allah SWT tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

Ayat ini menjelaskan terhadap perintah Rasulullah SAW untuk tidak ragu menyampaikan semua risalah yang telah diturunkan kepadaMu kepada manusia, dan janganlah kamu sembunyikan sesuatu pun daripadanya karena takut akan mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan (dan jika tidak kamu lakukan) tidak kamu sampaikan semua yang diturunkan padamu itu (berarti kamu tidak menyampaikan risalah-Nya)

والله أعلم بالصواب

SebelumnyaKemeriahan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf) Semarang SesudahnyaRangkuman Kitab Bulughul Maram hadist 211 (Bab Shalat)

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya