SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Hikmah Diturunkan Nabi Isa AS Pada Akhir Zaman

Terbit 27 April 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Pasanan
Hikmah Diturunkan Nabi Isa AS Pada Akhir Zaman

Rangkuman Ngaji Pasanan
Kitab Al- Ulama’ Al Mujaddidun
Karya : Syaikh KH. Maimoen Zubair
Selasa, 27 April 2021
Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

Diriwiyatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasululah bersabda :
“Dajjal nanti akan keluar antara wilayah Syam dan Iraq dengan pengikut pertama yaitu 70.000 orang yahudi dengan pakaian hijau dari wol, bersama ahli sihir yahudi dan memperlihatkan keajaiban-keajaiban kepada manusia dan menyesatkan manusia. Dajal itu buta dan mata kanannya hilang. Allah memberikan kuasa kepada dajjal yaitu untuk membunuh seorang laki-laki, kemudian menghidupkanya lagi, sampai tidak bisa membunuhnya lagi dan berpindah pada yang lain.

Tandanya keluarnya dajjal ketika manusia meninggalakan amal ma’ruf nahi munkar, mudahnya pertumpahan darah, acuh pada hukum, memakan riba, membangun bangunan yang bermegah-megah, meminum khamar, melaksanakan perbudakan, mengenakan sutera, bergaya seperti Firaun, ingkar pada janji, belajar ilmu pengetahuan meninggalkan ilmu pengetahuan agama, menghiasi masjid, buruk/ mengadudomba hati, memutus hubungan sanak keluarga, banyaknya penceramah, namun sedikitnya yang paham fiqh, kosongnya hukum Islam, lelaki menyerupai perempuan, dan perempuan menyerupai lelaki, hingga laki-laki cukup dengan sejenisnya, dan perempuan cukup dengan sejenisnya (LGBT). Maka setelah itu Allah mengutus dajjal dan memberikan kekuasaan untuk menguasai manusia, sehingga orang mukmin akan condong atau cenderung menjuju Baitul Maqdis.”

Abdullah bin Abbas berkata, dan diteruskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam :
“ Dan saat itulah turun saudaraku Isa putera Maryam turun dari langit di atas gunung Afik dan menjadi seorang imam yang baik dan hakim yang adil. Dia memakai burnus (baju luar yang panjang dan menutupi kepala), badannya proposional, dahinya jelas dan rata dan rambutnya terurai. Tangannya membawa senjata tombak dan dia membunuh dajjal.

Ketika Dajjal telah terbunuh maka peperangan telah berakhir dan semua orang berdamai bahkan ketika manusia bertemu dengan singa maka singa itu tidak akan menyerang dan ketika manusia memegang ular maka ular itu tidak akan mengigitnya. Bumi akan menumbuhkan tanaman dan flora yang dulu tumbuh di masa Nabi Adam. Seluruh penghuni bumi akan beriman kepadanya (Isa) dan manusia bersatu dalam satu agama (Islam).”

Maka seorang muslim yang benar-benar beriman tidak akan ragu dengan keterangan tersebut, sebab tetapnya keyakinan hingga akhir zaman. Imam as-Safarani berkata dalam Lawami’ al-Anwar al-Bahiyyah : “Sungguh seluruh umat Islam telah sepakat akan turunnya Nabi Isa di akhir zaman dan tidak ada satu pun ahli syariat yang khilaf atau menentangnya, kecuali orang-orang filsafat yang liberal dan orang-orang kafir yang pendapatnya tidak dianggap. Seluruh umat Islam juga bersepakat bahwa Nabi Isa akan menjalankan hukum syariat Nabi Muhammad SAW dan tidak akan membawa syariat yang baru ketika turun di bumi, meskipun dia masih seorang Nabi.”

Hikmah dibalik diturunkannya Nabi Isa ‘Alaihissalam pada akhir zaman :

1. Menolak dan menjawab umat yahudi prasangka yang salah, bahwasanya mereka telah membunuh Nabi Isa dan menyalibnya. Serta membuktikan bahwa mereka berbohong dan Nabi Isa lah yang akan membunuh mereka.
2. Bahwasanya ajal Nabi isa telah dekat dan supaya untuk dimakamkan di bumi, sebab makhluk yang diciptkan dari tanah akan kembali pada tanah pula.
3. Nabi Isa telah berdoa kepad Allah SWT supaya menjadi umat dari Nabi Muhammad SAW dan Allah mengabulkan doa beliau, sehingga beliau langgeng hidupnya sampai diturunkan di akhir zaman. Menjadikan beliau sebagai mujaddid terakhir dan akan membunuh dajjal.
4. Mendustakan umat nasrani, dan menunjukan kepalsuan dalam prasangkanya yang batil, dan akan membunuh mereka.
5. Kekhususan atau keistimewaan Nabi Isa disebutkan oleh Nabi Muhamaad SAW :
“ Aku adalah orang yang paling berhak terhadap Putera Maryam, dan tidak ada nabi lain yang menengahiku dan dia “

Juga Nabi Isa merupakan nabi yang masanya paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW, dan beliau menginformasikan tentang muncul Nabi Muhammad untuk mengikuti dan beriman kepada Nabi Muhammad.

والله أعلم بالصواب

SebelumnyaKaifiyah Sholat di Kapal & Pesawat SesudahnyaLive Talk Show Gema Kebangsaan TVRI Jawa Tengah

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya