SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Rangkuman Ngaos Tafsir Jalalain, 21 Maret 2021

Terbit 21 Maret 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Tafsir
Rangkuman Ngaos Tafsir Jalalain, 21 Maret 2021

Surat An-Nisa’ : 19-21

Pergaulilah perempuan dari istri-istrimu itu dengan baik dan patut, maksudnya yaitu dengan kebaikan, baik didalam perkataan, menafkahi, dan menggilir satu sama lain. Apabila tidak menyukainya hendaknya bersabar. Sebab barangkali dari tidak menyukai sesuatu tersebut Allah SWT menjadikan kepadanya kebaikan yang banyak. Dan siapa tahu, sebab sesuatu tersebut menjadikan rizki berupa anak yang sholeh.

Dan apabila bermaksud menggantikan istrimu dengan istri yang lain. Artinya dengan mengambil perempuan sebagai ganti isrtimu setelah menceraikannya. Dan sesungguhnya bila kamu telah memberikan salah seorang kepada istrimu seperti harta yang banyak sebagai mahar, maka janganlah mengambil kembali sedikitpun dari mahar tersebut dengan dzalim. Sebab itu perbuatan yang menyakiti/zhalim kepada istrimu atau mantan istrimu, hal itu merupakan perbuatan dosa.

Bagaimanapun dan dengan alasan apapun kamu. Kamu telah menjima’ istrimu dan sementara istrimu telah mengambil atau menerima janjimu yang erat dan berat “mitsaqan ghalizha”. Sebab ini merupakan perintah Allah SWT agar supaya kamu menjaga, memegangnya dengan baik-baik dan apabila ingin melepaskannya atau menthalaq harus dengan baik-baik pula.

Wallahu A’lam bis shawab.

SebelumnyaTentang Makanan Syubhat (Rangkuman Kitab Fathul Jawad Hal 67-68) SesudahnyaMasih mikir buat mondok??

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya