SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Rangkuman Tafsir Jalalain Surat Al-Maidah: 52-56

Terbit 31 Juli 2022 | Oleh : Admin | Kategori : Tafsir
Rangkuman Tafsir Jalalain Surat Al-Maidah: 52-56

Rangkuman Ngaji Tafsir Jalalain

Ahad, 31 Juli 2022

Oleh : DR. KH. Fadholan Musyaffa’, Lc., MA

=================================

Surat Al-Maidah Ayat 52

فَتَرَى الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ يُسَارِعُونَ فِيهِمْ يَقُولُونَ نَخْشَىٰ أَن تُصِيبَنَا دَائِرَةٌ ۚ فَعَسَى اللَّهُ أَن يَأْتِيَ بِالْفَتْحِ أَوْ أَمْرٍ مِّنْ عِندِهِ فَيُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا أَسَرُّوا فِي أَنفُسِهِمْ نَادِمِينَ

Artinya: Maka kamu akan melihat orang-orang yang hatinya berpenyakit bersegera mendekati mereka (Yahudi dan Nasrani), seraya berkata, “Kami takut akan mendapat bencana”.

Kelak Allah SWT akan mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya), atau pada suatu keputusan dari sisi-Nya, sehingga mereka (Yahudi dan Nasrani) menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka.

Banyak diantara manusia beriman, hatinya berpenyakit sebab lemah imannya. Mereka menjadikan orang munafik sebagai pemimpin, karena takut akan mendapat bencana dan ingin mendapat kemenangan melalui mereka (orang munafik). Pada akhirnya mereka menyesal atas apa yang telah mereka lakukan. Oleh karena itu, hendaknya seorang muslim selalu meningkatkan iman kepada Allah SWT agar tidak mudah terpengaruh oleh  mereka (orang munafik).

Surat Al-Maidah Ayat 53

وَيَقُولُ الَّذِينَ آمَنُوا أَهَٰؤُلَاءِ الَّذِينَ أَقْسَمُوا بِاللَّهِ جَهْدَ أَيْمَانِهِمْ ۙ إِنَّهُمْ لَمَعَكُمْ ۚ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فَأَصْبَحُوا خَاسِرِينَ

Artinya: Dan orang-orang yang beriman akan berkata: “Inikah orang yang bersumpah secara sungguh-sungguh dengan (nama) Allah SWT, mereka benar-benar beserta kamu?” segala amal mereka menjadi sia-sia, sehingga menjadi orang-orang yang rugi.”

Lalu mereka bersungguh-sungguh bersumpah dengan nama Allah SWT. Akan tetapi, sumpah mereka tidak diterima sebab mereka berdusta terhadap sumpahnya, mereka beramal sholeh akan tetapi tidak dapat diterima amalnya meski telah bersungguh-sungguh, sebab mereka munafik, mereka menjadi orang-orang yang merugi dan menyesal.

Surat Al-Maidah Ayat 54

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَن يَرْتَدَّ مِنكُمْ عَن دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman!, barangsiapa di antara kamu yang murtad (keluar) dari agamanya, maka kelak Allah SWT akan mendatangkan suatu kaum, Dia mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, dan bersikap lemah lembut terhadap orang yang beriman, tetapi bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah yang diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.

Sebaik-baiknya orang adalah mereka yang beriman kepada Allah SWT dan menjauhi laranganNya.

Surat Al-Maidah Ayat 55

إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ

Artinya: “Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman,, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).”

Sesungguhnya yang benar-benar mengasihi dan menjadi penolong kita hanya Allah SWT, RasulNya, dan orang beriman yang mau melaksanakan sholat dengan khusyuk dan menunaikan zakat

Surat Al-Maidah Ayat 56

وَمَن يَتَوَلَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا فَإِنَّ حِزْبَ اللَّهِ هُمُ الْغَالِبُونَ

Artinya: “Dan barangsiapa menjadikan Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman sebagai penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang”.

Sesungguhnya barangsiapa yang dapat menjadikan Allah SWT, Rasulullah SAW, dan orang-orang yang beriman menjadi penolong, maka akan mendapat kemenangan dan mendapat pertolongan Allah SWT.

والله أعلم بالصواب

SebelumnyaPonPes Fadhlul Fadhlan Adakan Pembacaan Do'a Akhir Tahun, Dan Awal Tahun Bersama SesudahnyaRangkuman Kitab Bulughul Maram hadist 198-205

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya