SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Pentingnya Mengulang Pelajaran Bagi Seorang Pelajar

Terbit 13 Oktober 2021 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Akhlak
Pentingnya Mengulang Pelajaran Bagi Seorang Pelajar

Kajian Ta’lim Muta’alim | Hal : 28 | DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. | 13 Oktober 2021

PENTINGNYA MENGULANG PELAJARAN BAGI SEORANG PELAJAR

Belajar merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang pelajar. Akan tetapi, pelajar harus sadar bahwa belajar adalah semata untuk menghilangkan kebodohan dan bukan untuk mencari pekerjaan. Dan alangkah baiknya seorang pelajar (santri) bersungguh-sungguh dalam belajar, berdo’a, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Dibacakan syair oleh Syekh Qawwanuddin Hammad bin Ibrahim bin Ismail, syair kepunyaan Syekh Kholil bin Ahmad Sarakhsi yang berbunyi :

اِخْدَمِ الْعِلْمَ خِدْمَةَ الْمُسْتَفِيْدِ # وَاَدِمْ دَرْسَهُ بِفِعْلِ حَمِيْدِى
Berkhidmahlah (mengabdi) kamu kepada ilmu dengan bersungguh-sungguh dalam belajar, dan merendahlah kepada ilmu serta berharaplah mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Dan biasakanlah seorang pelajar belajar dengan baik dengan menghafal, memahami, dan melanggengkan (mengulang ilmu) yang sudah didapatkan karena pekerjaan yang demikian merupakan pekerjaan yang terpuji.

Sebaiknya para pelajar nderes (mengulang) hafalan yang sudah dihafal agar hafalannya kuat dan tidak hilang. Dan berilah catatan (makna gandul) pada kitab yang dipelajari agar ilmu yang sudah dipahami akan melekat dan dapat diulang mempelajari ilmu itu sepanjang hidupmu.
والله أعلم بالصواب

Sebelumnyamelakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Asem Bagus Situbondo Jawa Timur SesudahnyaPondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Menjadi Tuan Rumah Acara Munas Alim Ulama Partai Persatuan Pembangunan 17-18 Oktober 2021.

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya