SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Mulianya Seseorang Yang Memiliki Ilmu #2

Terbit 8 September 2021 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Akhlak
Mulianya Seseorang Yang Memiliki Ilmu #2

Kajian Ta’lim Muta’alim | Hal : 26 – 27 | DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. | 8 September 2021

MULIANYA SESEORANG YANG MEMILIKI ILMU

Ilmu adalah nur (cahaya) yang menerangi dan memberi petunjuk kepada pemilik ilmu. Orang yang memiliki ilmu selalu berjalan dalam keadaan terang karena diterangi oleh ilmunya. Sedangkan orang bodoh (tidak berilmu) selalu berjalan dalam keadaan gelap karena tidak memiliki ilmu yang meneranginya. Perbedaan Ahli ilmu dengan orang bodoh: Ahli ilmu bagaikan berjalan disiang hari yang diterangi oleh matahari. Sedangkan orang bodoh bagaikan berjalan di kegelapan malam yang tidah tahu jalan dan arah.

Ilmu ibarat sebuah gunung yang tinggi, sehingga dapat menjaga orang – orang yang mengungsi ke gunung tersebut dan dapat menjaga keamanan orang – orang tersebut dari mara bahaya.

Dengan ilmu orang dapat selamat dari kelalaian (lupa), dapat memberi syafaat kepada orang yang meninggal dalam keadaan pendosa (banyak melakukan maksiat) ketika digiring menuju neraka (seburuk-buruknya tempat terakhir).

Ilmu adalah suatu pangkat jabatan yang tinggi. Jika engkau memiliki ilmu, maka lebih mudah untuk memperoleh derajat atau pangkat selain ilmu (duniawi). Dengan ilmu kamu akan mendapatkan segala sesuatu yang kamu inginkan.

Jika kamu tidak memperoleh kenikmatan duniawi beserta kesenangannya, maka pejamkanlah matamu karena sesungguhnya Ilmu adalah sebaik – baiknya pemberian dari Allah SWT.
والله أعلم بالصواب

SebelumnyaVaksinasi Massal Angkatan ke-7 Dosis Pertama Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan SesudahnyaHal-hal yang Merusak atau Membatalkan Wudlu

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya