SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Silaturahmi Virtual & Istighosah Bersama PLN UIT JBT

Terbit 19 Juli 2021 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Berita
Silaturahmi Virtual & Istighosah Bersama PLN UIT JBT

Senin 19 Juli 2021

Keluarga Besar PLN UIT JBT regional Jawa Madura Bali gelar silaturahmi, Istighotsah Tolak Balak dan tausiyah Online yang Didukung oleh Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan “pesantren bilingual berbasis karakter salaf” Semarang bersama santri ponpes Fadhlul Fadhlan Semarang via Zoom, dan YouTube

Istighotsah dan Tausiyah dipimpin oleh DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. Pengasuh Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarang, Ketua Komisi Fatwa MUI Jateng.
Berikut adalah cuplikan tausiyah beliau:

“Mengapa Allah menurunkan balak (musibah)?
Pertama mari kita renungkan firman
Allah SWT dalam Q.S Al-anfal 8:25
واتقوا فتنة لا تصيبن الذين ظلموا منكم خاصة
واغلموا ان الله شديد العقاب
“Dan takutlah kamu apabila Allah menurunkan fithah yang tidak hanya menimpa orang-orang yang berbuat dzalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksanya”

Dari ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa apabila Allah telah menurunkan fitnah (musibah) ke muka bumi maka tidak satupun makhluk Allah yang dapat menghindarinya seperti musibah yang diturunkan sebab kelalaian manusia, maksiat yang merajalela dan kedzaliman yang diperbuat dimuka bumi baik karena kecerdasan yang tidak didasari oleh keimanan maupun tingginya kecerdasan tanpa nilai kemanusiaan

Musibah adalah sesuatu yang datang dari Allah SWT dan Allah pula yang akan mengambilnya. Allah SWT menurunkan musibah tidak hanya kepada orang yang berbuat dzalim atau maksiat saja, tapi kepada seluruh umat manusia yang disekitarnya. Seperti yang kita rasakan saat ini musibah pandemi covid-19 tidak hanya menimpa pada orang yg membuat virus, namun hampir semua penduduk bumi terkena musibah Covid-19 tanpa terkecuali tokoh ulama yang dekat dengan Allah maupun tenaga kesehatan yang paham mengenai virus itu sendiri.

Ikhtiar adalah cara terbaik yang dapat kita lakukan dalam menghadapi Covid-19 yang terus mewabah, baik ikhtiar secara dzohir maupun secara batin. Ikhtiar secara dzohir telah dilakukan di Indonesia selama 1 tahun 7 bulan dengan melaksanakan PROTKES, PSBB, 5M hingga PPKM sedangkan ikhtiar secara batin dapat kita lakukan dengan istighotsah maupun mujahadah mendekatkan diri kepada Allah.

 

SebelumnyaTafsir Jalalain Surat An Nisa : 59 SesudahnyaSelamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya