SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Tafsir Jalalain Surat An Nisa : 47 – 49

Terbit 27 Juni 2021 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Tafsir
Tafsir Jalalain Surat An Nisa : 47 - 49

Ngaos Tafsir Jalalain
Ahad 27 Juni 2021
Oleh DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA.

Surat An Nisa : 47 – 49

Ayat ini menjelaskan mengenai perintah Allah kepada kaum Yahudi untuk beriman kepada Allah SWT sebelum Allah menghapus wajah mereka ( mata, hidung, dan alis) sehingga wajah maereka kosong datar tanpa hiasan.

Seperti yang terjadi pada zaman Nabi Musa AS, beliau memerintahkan kepada kaumnya untuk beribadah di hari Sabtu tetapi mereka mencari ikan dan tidak mentaati perintah Nabi Musa sehingga Allah melaknat mengutuk mereka dan mengubah mereka menjadi kera.

Sebagian orang yahudi beriman seperti Abdullah bin Salam adalah orang Yahudi yang beriman kepada Allah SWT, dan mengikuti Nabi Muhammad SAW. sedangkan sebagian yang lain tidak beriman bahkan musyrik menyekutukan Allah SWT seperti Ka’ab bin Asyrof dan teman-temannya.
Allah tidak akan mengampuni siapa yang musyrik (menyekutukan Allah) karena syirik termasuk dosa yang besar. Dan Allah akan mengampuni dosa selain syirik (mengampuni dosa kecil) bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. Dan Allah akan mengampuni hamba yang bertaubat dari kemusyrikannya dengan beriman kepada-Nya.

Mereka (Yahudi dan Nasrani) mengada-ada mereka mengaku anak-anak Allah dan mengaku menjadi kekadih Allah. Padahal sebenarnya Allah itu Maha Esa, tidak beranak dan tidak diperanakan, juga tidak ada yg menyamainya dari makhluk yang diciptakan-Nya.

Wallahu a’lam bisowab

SebelumnyaKedatangan Santri Baru (MI, MTS, MA Al Musyaffa') SesudahnyaAngkatan Ke-6 Vaksin Masal di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Mijen Semarang

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya