SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Kelas Nahwu Shorof

Terbit 26 Februari 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Nahwu Shorof

Pesantren Fadhlul Fadhlan mempunyai karakteristik yang kuat yaitu pesantren bilingual berbasis karakter salaf. Selain fokus pada pembelajaran bilingual berbahasa Arab dan Inggris, Pesantren Fadhlul Fadhlan juga mempelajari kitab – kitab salaf diantaranya yaitu nahwu dan shorof. Pembelajaran nahwu dan shorof dijadwalkan tiga kali dalam seminggu. Pembelajaran nahwu dijadwalkan pada hari senin, shorof di hari Jum’at dan hari sabtu digunakan untuk sorogan kitab nahwu dan shorof

Pembelajaran nahwu disini dibagi dalam beberapa tingkatan. Tingkatan nahwu yang pertama yaitu menggunakan kitab Jurumiyyah. Ketika kitab jurumiyyah sudah khatam dan santri sudah hafal semua matannya, maka santri akan melanjutkan pembelajaran nahwu di tingkatan yang kedua. Tingkatan kedua yaitu menggunakan kitab Mukhtashor Jiddan, syarah dari matan kitab jurumiyyah. Adapun sistem pembelajaran shorof tidak jauh beda dengan pembelajaran nahwu. Kelas shorof juga dibagi dalam beberapa tingkatan. Tingkatan yang pertama menggunakan kitab Amstilatut Tashrifiyyah.

Kajian nahwu shorof tidak hanya diajarkan secara bandongan, tetapi juga sorogan. Setiap malam ahad, santri diwajibkan untuk sorogan kitab nahwu dan shorof yang disimak langsung oleh ustadz dan ustdzahnya. Sedangkan untuk mengevaluasi kemampuan santri dalam mengikuti pembelajaran nahwu shorof di kelas, setiap satu semester diadakan ujian lisan dan tulisan. Hasil ujian nahwu dan shorof akan diberitahukan kepada walisantri daalam bentuk Raport setiap satu semester.

SebelumnyaKelas Muhadatsah dan Conversation SesudahnyaStruktur Panitia Pembangunan Ponpes Fadhlul Fadhlan

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya