SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

BAB: mengagungkan Ilmu dan ahli Ilmu

Terbit 9 Maret 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Akhlak
BAB: mengagungkan Ilmu dan ahli Ilmu
Rangkuman Ngaji Ta’lim Muta’alim
Rabu, 8 Maret 2023
Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA
=================================
‎بسم الله الرحمن الرحيم
BAB: mengagungkan Ilmu dan ahli Ilmu
Dari Syeikh Imam Al Ajal Al islam berkata :
“Pada zaman dahulu, para pelajar menyerahkan masalahnya kepada guru untuk memilihkan belajar ilmu, maka mereka pada berhasil sampai tujuan dan sasaran yang tepat. Tetapi, zaman sekarang para pelajar tidak meminta arahan guru dan lebih memilih sendiri tanpa arahan guru. Akhirnya para pelajar pada gagal tidak sampai tujuan dan sasaran untuk mendapatkan ilmu dan Fiqih.”
Dikisahkan dari Muhammad bin Isma’il Al Bukhori ketika
Memulai belajar kitab bab sholat dengan Syeikh Muhammad Bin Al Hasan.
Syeikh Muhammad Bin Al Hasan berkata kepada Muhammad bin Isma’il Al Bukhori
“Pergilah kamu dan belajarlah ilmu Hadits”
Karena Syeikh Muhammad Bin Al Hasan yang lebih mengetahui tentang Tabiat Muridnya yaitu Muhammad Bin Isma’il Al Bukhori.
Karena Murid mengikuti arahan dari Syeikh untuk belajar Hadits, Akhirnya dia menjadi sosok ulama terkemuka mengalahkan para imam Hadits.
Hendaknya, para pelajar meminta guru untuk diarahkan dalam proses belajar. Karena guru yang lebih tau karakter santri/pelajar dalam bakat dan kecenderungan yang mereka miliki, sehingga para pelajar akan sampai pada sasaran dan tujuan dengan tepat dalam mencari ilmu.
Dan sebaiknya para pelajar tidak duduk terlalu dekat dengan guru, kecuali dengan keadaan yang darurat. Setidaknya dengan ukuran satu tombak, karena ukuran jarak satu tombak dengan guru adalah sebagai bentuk pemghormatan murid terhadap guru.
‎والله أعلم بالصواب
SebelumnyaPeringati Haul Ke-1 Ning Arina Sabiela Pesantren Fadhlul Fadhlan, Ribuan Santri dan Jama'ah Pengajian Yai Fadlolan Lantunkan Maulid Burdah SesudahnyaKajian Al-Yaqutun Nafis Bab : RUJUK

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya