SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Ziarah Auliya’ Jawa-Madura

Terbit 2 Desember 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Berita
Ziarah Auliya' Jawa-Madura
Kamis, 02 Desember 2021
DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA bersama rombongan melaksanakan ziarah auliya’ Jawa-Madura, dimulai dari sowan ke kediaman KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) Rembang, lalu melanjutkan perjalanan ziarah ke Sunan Bonang, Ponpes Langitan, Sunan Drajat, dan Sunan Ampel.
Mengawali perjalanan ziarah auliya’ Madura-Jombang, DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA bersama dengan rombongan sowan ke kediamanan KH. Mustofa Bisri (Gus Mus). Didasari keterikatan, dan rasa kangen kepada KH. Mustofa Bisri, Kiai Fadlolan duduk disamping KH. Mustofa Bisri di kediaman beliau, Rembang. Temu kangen membincangkan dari topik-topik santai, hingga meminta doa restu untuk kelancaran dan suksesnya Muktamar NU yang akan digelar mulai tanggal 17 Desember 2021 mendatang. Selain itu, Kiai Fadlolan dan KH. Mustofa Bisri juga mendoakan untuk kerukunan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.
Semoga dua kiai kami alumni Al-Azhar Mesir KH. Fadlolan dan KH. Mustofa Bisri senantiasa diberikan kesehatan, diberikan umur yang panjang, serta kekuatan dalam membimbing ummat. Semoga kita senantiasa mendapat keberkahan beliau berdua. Allahumma amiiin.
Usai sowan Gus Mus, agenda bergeser ke Ponpes Al-Anwar Sarang, namun Mbah Yai Abdullah Ubab Maimun, dan juga Mbah Nyai Heny Maryam Maimun, sedang mendadak acara cucu diluar Sarang, maka silaturrahmi cukup sebatas vidoconf.
Kemudian Kyai Fadlolan bersama rombongan melanjutkan ziarah ke Kanjeng Sunan Bonang, sangat menarik di sambut hangat oleh juru kunci makam dan dibukakan luwur didampingi masuk ke dalam cungkup maqam. Alhamdulillah sangat menyenangkan bisa sungkem kanjeng Sunan secara dekat.
Perjalanan berikutnya sowan ke KH. Ubaidillah Faqih, Langitan, Tuban, yang juga masih saudara dengan Nyai Hj. Fenty Fadlolan. Dalam materi pembicaraan diskusi serupa dengan yang dilakukan di Gus Mus. Dimana dua tokoh ini membicangkan maslahat umat dan masa depan bangsa. Dilanjut jamuan makan malam dan ngopi Arab.
Sudah pukul 23.00 kami sampai Sunan Ampel, usai berziarah langsung istirahat di hotel, save energy untuk jumat pagi mesti lanjut berziarah ke Syaekhona Muhammad Kholil Bangkalan, dan lanjut Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari, Tebuireng Jombang, dan Study banding ke Ponpes Hidayatul Quran, Peterongan, Rejoso, Jombang. Bi izdnillah.
SebelumnyaRapat Tim Perumus Ketetapan Munas Alim Ulama SesudahnyaAb'adh Shalat dan Sunnah-sunnah Shalat

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya