SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

BAB: ETIKA HENDAK PULANG BERTAMU

Terbit 7 Juni 2022 | Oleh : Admin | Kategori : Tasawuf
BAB: ETIKA HENDAK PULANG BERTAMU

Rangkuman Ngaji Mauidhotul Mukminin

Selasa, 7 Juni 2022

Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

=================================

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebagai seorang tamu sudah menjadi kewajiban untuk menghormati tuan rumah. Berikut merupakan beberapa etika hendak pulang bertamu diantaranya:

1) Mengantar tamu pulang hingga depan rumah.

Hukumnya sunnah apabila tuan rumah mengantarkan tamu sampai depan rumah. Dan termasuk memuliakan tamu apabila tuan rumah menerima tamu dengan ramah, berbicara dengan perkataan yang sopan saat tamu datang, saat makan, hingga tamu pulang.

2) Tamu pulang dengan perasaan puas atas jamuan tuan rumah.

Apabila mengantarkan tamu pulang, hendaknya tuan rumah mengantarkan tamu dengan wajah ceria, rendah hati. Sebab itu adalah sebaik-baiknya akhlak.

3)Hendaknya tamu tidak keluar rumah kecuali atas izin tuan rumah.

Ketika bertamu hendaknya menjaga perasaan tuan rumah, tidak menginap lebih dari tiga hari karena terkadang tuan rumah tidak nyaman dengan keberadaanya. Namun apabila tuan rumah memaksa agar tamu tetap menginap, maka baginya menginap lebih dari tiga hari.

والله أعلم بالصواب

SebelumnyaMuhadloroh 'Ammah (Kuliah Umum) Bersama Syekh Fadi Fuad Alamuddin dari Beirut, Libanon SesudahnyaKeluarga Besar Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf) Semarang turut berduka atas wafatnya KH. Muhammad Luthfi Thomafi

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya