SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

MUQODIMAH

Terbit 11 Maret 2024 | Oleh : Admin | Kategori : Pasanan
MUQODIMAH

Rangkuman Ngaji Minhajul Muta’allim
Senin, 11 Maret 2023
Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA
=================================

الحَمْدُ لِلَّهِ مُوْجِدِ العِلْمِ لِلْمُجِدِينَ ، وَمُوَرَثِ المَعْرِفَةِ لِلطَّالِبِينَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ أَعْلَمِ الْمُعَلَمِينَ ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَكْرَمِ الْمُتَعَلِّمِينَ . وَبَعْدٌ :

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan ilmu bagi orang-orang yang bersungguh-sungguh mendapatkannya dan mewariskan pengetahuan bagi orang-orang yang senantiasa berusaha mencarinya. Sholawat dan salam semoga tetap selalu terpanjatkan kepada nabi Muhammad SAW yang mana beliau adalah alim (orang yang paling berilmu) diantara para muallim (guru). Sholawat dan salam semoga juga senantiasa mengalir kepada keluarga dan sahabat nabi sebagai generasi paling mulia dikalangan muta’allim (pelajar).

فَإِنِّي أُرِيدُ بِحَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى وَقُوَّتِهِ – أَنْ أَجْمَعَ مَسَائِلَ مَمَّا يَتَعَلَّقُ بِالعِلْمِ وَالمُعَلِّمِ وَالمُتَعَلَّمِ – وَإِنْ تَكَلَّمُوا فِيهَا كَثِيرًا – إِلَّا أَنَّنِي أَجْمَعُ مَا فِيهَا مِنَ الْمُهِمَّاتِ ، وَمَا يُوْرِثُ الْجُرْأَةَ عَلَى إِقْدَامِ الْعِلْمِ، وَأَرْجُوْ مِنْهُ تَعَالَى أَنْ يُعْطِيَنِي الْإِقْدَامَ وَالجِدَّ عَلَى العِلْمِ وَالعَمَلِ بِهِ ، وَسَمِّيْتُهَا بِمِنْهَاجِ المُتَعَلِّمِ وَاللَّهُ الهَادِي إِلَى سَبِيلِ الصَّوَابِ.

وَرَتَّبْتُهُ عَلَى ثَلَاثَةِ أَبْوَابٍ

Muallif ingin – tentu dengan kekuasaan dan kekuatan Allah SWT- untuk mengumpulkan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu, guru dan murid – walaupun sudah banyak ulama’ yang membahas hal tersebut-. Namun muallif hanya mengumpulkan permasalahan yang penting dan permasalahan yang menjadikan seseorang berani dalam menghadapi ilmu, mushonnif berharap kepada Allah SWT agar memberi muallif keberanian dan kesungguhan dalam mencari ilmu dan mengamalkannya, muallif memberi nama kitab ini: ( Minhajul Muta’allim) Dan Allah SWT adalah dzat pemberi petunjuk kepada jalan kebenaran.

Muallif mengurutkan kitab ini menjadi tiga bab :

BAB I ILMU

(Keutamaan, Kedudukan, dan Adab Mencari Ilmu)

Allah SWT berfirman:
يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ ۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ
Artinya: “Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadalah: 11)

Allah SWT berfirman:

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُوا الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ

Artinya: “Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan,” (Q.S. Ali Imron : 18)

Di dalam ayat tersebut Allah mengawali firmannya dengan bersaksi atas dzat Allah SWT, dan yang kedua memuji para malaikat dan kemudian yang ketiga menyebutkan keberadaan orang yang memiliki ilmu.

Allah SWT berfirman:

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Katakanlah: ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?”
(QS. Az Zumar : 9)

Allah SWT berfirman:

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَؤُا
Artinya: “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba- hamba-Nya, hanyalah ulama’.” (Q.S Fathir: 28)

Allah SWT berfirman:
قُلْ كَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا بَيْنِي وَبَيْنَكُمْ وَمَنْ عِندَهُ عِلْمُ الْكِتَابِ

Artinya: Katakanlah: “Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan kamu, dan antara orang yang mempunyai ilmu Al Kitab”. (Q.S. Ar Ra’d. 43)

والله أعلم باالصواب

SebelumnyaRangkuman Ngaji Tafsir Jalalain Surat Al-A'raf:95-99 SesudahnyaMUQODDIMAH MUALLIF

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya