SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Sukses Terapkan Program Unggulan Tahfidh Qur’an 6 Bulan 30 Juz, PPFF Gelar Wisuda Tahfidz Angkatan Ke-3

Terbit 5 Februari 2024 | Oleh : Admin | Kategori : Berita
Sukses Terapkan Program Unggulan Tahfidh Qur’an 6 Bulan 30 Juz, PPFF Gelar Wisuda Tahfidz Angkatan Ke-3

Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf) Semarang, Memiliki program unggulan Tahfidh Qur’an 6 bulan 30 juz yang telah diterapkan sejak berdirinya MA Al Musyaffa’. Program yang terbilang sukses ini tiap tahunnya melahirkan para hafidh dan hafidhoh hingga angkatan ke-3. Dimana santri Madrasah MA Al- Musyaffa’ yang merupakan angkatan pertama program Tahfidh sudah berhasil melanjutkan pedidikan ke Universitas Al-Azhar Mesir. Ahad 4 Febuari 2024, PPFF gelar wisuda tahfidh Qur’an 6 bulan 30 juz. Prosesi wisuda ini diikuti oleh 53 santri khotimin dan khotimat. Wisuda program tahfidh ini bertepatan juga dengan Haul akbar masayikh Ponpes Fadhlul Fadhlan yakni KH. Musyaffa’ Mu’thi (ke-2), KH. Ahmad Hisyam ke-2, Ning Hj. Arina Sabiela Fadholan (ke-2), Bu Nyai Hj. Sumiarti (ke-28), serta Bu Nyai Hj. Siti Susmain ke-3. Dalam acara ini turut hadir Al Habib Umar Muthohar, Yai Ahmad Daroji, Syekh Muhammad Athif Al-Masry, walisantri, keluarga besar pesantren serta tokoh masyarakat sekitar.

Acara ini diawali dengan penampilan eksibishi Alfiyah dan Aqidatul Awam oleh perwakilan santri pemenang lomba eksibishi, kemudian dilanjutkan dengan kirab oleh khotimin dan khotimat yang akan diwisuda, maqro dan do’a, prosesi wisuda, penyampaian sanad, dan foto bersama oleh Gus Ahmad Syauqi Istiqlaly Fadlolan. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan oleh pendiri dan pengasuh Ponpes Fadhlul Fadhlan DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA yang di damping oleh Ibu Nyai Hj. Fenty Hidayah S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa bangga dan bahagianya terhadap para khotimin dan khotimat yang sudah berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 Juz dalam waktu 6 bulan. Dari 53 santri yang mengikuti program tahfidh 52 santri menyelesaikan hafalannya dengan tuntas dalam waktu 6 bulan bahkan ada yang hanya dalam waktu 5 bulan saja. Beliau juga menyampaikan bahwa kesuksesan para khotimin dan khotimat juga berkat ridlo dari orang tua serta ihlas pasrah sepenuhnya orang tua menyerahkan putra putrinya ke pengasuh Pesantren. Tidak intervensi dan ngerewui pelaksanaan sistem dan program pendidikan pesantren. Beliau juga memberikan nasihat kepada para khotimin dan khotimat bahwa tugas dari mereka selanjutnya adalah menjaga hafalan yang sudah dimiliki karena menjaga itu lebih sulit. “setelah berhasil menghafalkan, kalian wajib menjaga dan yang paling penting adalah mengamalkannya dengan akhlak mulia”. Tutur beliau. Setelah sambutan oleh pengasuh kemudian dilanjutkan dengan Mauidhotul Hasanah yang disampaikan oleh Dr. KH. Ahmad Daroji, Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Tengah, Syekh Muhammad Athif Al-Masry, Mab’uts Al-Azhar Mesir, serta ditutup dengan Mauidho Hasanah dan doa oleh Al-Habib Umar Al Mutohar.

Setelah selesai acara wisuda tahfidh program 6 bulan dan haul akbar masyayikh, dilanjut dengan sahalat jamaah dzuhur, makan siang serta penerimaan raport semester ganjil siswa Madrasah Al Musyaffa’ yang bertempat di gedung Madrasah sesuai dengan pembagian kelas masing-masing. Serangkain acara pada hari ini ditutup dengan sowan bersama ke ndalem pengasuh PPFF sebelum para santri pulang untuk liburan.

Alhamdulillah serangkaian acara telah berjalan dengan lancar, semoga para khotimin dan khotimat, Allah memberikan kemudahan dalam menjaga hafalannya, berkah manfaat dunia dan akhirat. Aamiin Allahuma Aamiin🤲🏻

SebelumnyaRangkaian Acara Menyambut Wisuda Tahfidh 6 Bulan Ketiga dan Haul Akbar Masyayikh Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan SesudahnyaRangkuman Ngaji Mauidhotul Mukminin Selasa, 6 Februari 2024 Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya