SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Maulid Burdah Sebagai Tradisi Khas Santri PPFF Dalam Rangka Sambut Malam Tahun Baru 2024

Terbit 1 Januari 2024 | Oleh : Admin | Kategori : Berita
Maulid Burdah Sebagai Tradisi Khas Santri PPFF Dalam Rangka Sambut Malam Tahun Baru 2024

Dalam rangka menyambut tahun baru, tradisi khas yang dilakukan oleh Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan yaitu wiridan dengan membaca tahlil, sholawat, maulid burdah, dan doa-doa yang dipimpin oleh Kyai kami yaitu DR. KH. Fadlolan Musyaffa’ Lc., MA. Tradisi ini tidak hanya dilakukan pada malam tahun baru masehi, tetapi juga pada malam tahun baru hijriyah yaitu dengan mengadakan khotmil quran, doa akhir tahun dan doa awal tahun. Ini dilakukan agar dapat menjadi hamba yang dekat kepada Allah SWT dan sebagai wasilah agar doa-doa kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Berbeda dengan saudara kita yang disebelah sana mereka mengisi malam tahun baru dengan pesta bunga api, mercon dan pesta ria. Hal ini dapat menjauhkan kita dari Allah SWT dan menjadi lambat terkabulnya doa kita oleh Allah SWT.

Kemudian, setelah pembacaan wirid dan doa, dilanjutkan dengan pemberian wejangan atau nasihat dari Kyai kami, DR. KH. Fadlolan Musyaffa’ Lc., MA kepada para santri. Dalam Hadis Rasulullah SAW, Beliau bersabda
مَنْ سَنَّ سُنَّۃََ حَسَنَۃََ فَلَهُ اَجْرُھَا وَ اَجْرُ مَنْ حَمِلَ بِھَا
Barang siapa memberikan contoh kebaikan lalu diikuti orang banyak, maka ia mendapat pahala sebagaimana orang-orang yang mengamalkan kebaikan itu tanpa mengurangi pahala orang-orang yang mengamalkan kebaikan tsb.

Acara selanjutnya yaitu santri makan bersama di halaman masjid sambil menggemakan sholawat. Semoga dengan adanya pembacaan wiridan dan maulid burdah dapat meningkatkan kedekatan kita kepada Allah SWT dan pada tahun baru kita dapat menjadi hamba yang lebih baik lagi. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

SebelumnyaRangkuman Ngaji Tafsir Jalalain Surat Al-A'raf: 46-49 SesudahnyaMenyongsong Tahun Baru 2024 M, DR. KH. Fadlolan Musyaffa', Lc., MA. Hadir Pimpin Do'a Dalam Acara Istighotsah Yang Digelar Oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya