SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Rangkuman Ngaji Tafsir Jalalain Surat Al An’am: 125-127

Terbit 31 Juli 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Tafsir
Rangkuman Ngaji Tafsir Jalalain Surat Al An'am: 125-127

Rangkuman Ngaji Tafsir Jalalain
Ahad, 30 Juli 2023
Oleh : DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA
========================
Surat Al-An’am ayat 125

فَمَنْ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنْ يَّهْدِيَهٗ يَشْرَحْ صَدْرَهٗ لِلْاِسْلَامِۚ وَمَنْ يُّرِدْ اَنْ يُّضِلَّهٗ يَجْعَلْ صَدْرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا كَاَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى السَّمَاۤءِۗ كَذٰلِكَ يَجْعَلُ اللّٰهُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ

Artinya : “Maka, siapa yang Allah SWT kehendaki mendapat hidayah, Dia akan melapangkan dadanya untuk menerima Islam. Siapa yang Dia kehendaki menjadi sesat, Dia akan menjadikan dadanya sempit lagi sesak seakan-akan dia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah SWT menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.”

Ayat ini menjelaskan bahwa jika Allah SWT ingin memberikan petunjuk kepada seseorang, maka Allah SWT akan melapangkan hatinya sehingga mudah menerima agama Islam. Sebaliknya jika orang tersebut memilih kesesatan dan tidak mau menerima agama Islam, maka Allah SWT menunjukkan jalan kesesatan kepadanya dan menjadikan hatinya berat dan sesak bagaikan dia sedang naik ke langit.

Surat Al-An’am: Ayat 126

وَهٰذَا صِرَاطُ رَبِّكَ مُسْتَقِيْمًاۗ قَدْ فَصَّلْنَا الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّذَّكَّرُوْنَ

Artinya : “Inilah jalan Tuhanmu yang lurus. Sungguh, Kami telah menjelaskan secara rinci ayat-ayat Kami kepada orang-orang yang mengambil pelajaran.”

Ayat ini menjelaskan bahwa jalan yang benar yaitu agama Islam yang diridhoi Allah SWT. Allah SWT telah menjelaskan ayat-ayat-Nya yang ada di dalam Al-Qur’an, berupa janji dan ancaman, halal dan haram, pahala dan siksa, dan lain-lainnya kepada orang-orang yang menerima peringatan.

Surat Al-An’am: Ayat 127

لَهُمْ دَارُ السَّلٰمِ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya : “Bagi mereka disediakan tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT menyediakan surga bagi orang-orang yang beriman. Dan Allah SWT-lah yang akan menjadi pelindung mereka disebabkan amal kebajikan yang telah mereka kerjakan.

والله أعلم بالصواب

SebelumnyaHukum Dan Waktunya Membaca Fatihah Bagi Makmum SesudahnyaMembahas dan Bertanya Status Haram ketika di beri pemberian

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya