SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Rangkuman Ngaji Bulughul Maram

Terbit 4 Juni 2023 | Oleh : Admin | Kategori : Hadist
Rangkuman Ngaji Bulughul Maram

Oleh : DR. KH. Fadlolan Musyaffa’ Lc., MA.

Ahad, 4 Juni 2023

Hadis oleh Ummu Hisyam binti Haritsah

وَعَنْ أُمُّ ھِشَامِِ بِنْتِ حَارِثَۃَ رَضَيَ اللهُ عَنْھَا قَالَتْ :(مَا اَخَذْتُ : ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيْدِ, أِلاَّ عَنْ لِسَانِ رَسُوْلُِ اللهِ صَلَّی اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَ ٸُوھَا كُلُّ جُمُعَۃِِ عَلَی الْمِنْبَرِ أِذَا خَطَبَ النَّاسُ) رَوَاهُ مُسْلِمُُ.

Dari Ummu Hisyam binti Haritsah RA berkata “Tidaklah saya menghafal ‘Qaf wal qur’anil majid (Surat Qaf),’ kecuali dari lisan Rasulullah ~ yang beliau bacakan setiap Jum’at

di atas mimbar apabila beliau berkhutbah di hadapan orang-orang. HR Muslim.

Hadis ini menjelaskan tentang Ummu Hisyam binti Haritsah menghafal surat Qaf yang selalu dibaca oleh Nabi Muhammad SAW setiap di atas mimbar saat khutbah jumat.

Hadis oleh Ibnu Abbas RA

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسِِ رَضَيَ اللهُ عَنْھُمَا قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّی اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :(مَنْ تَکَلَّمَ يَوْمَ الْجُمُعَۃِ وَالْاِمَامُ يَخْطُبُ فَھُوَ كَمِثْلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارََا , وَالَّذِيْ يَقُوْلُ لَهُ . اَنْصِتْ , لَيْسَتْ لَهُ جُمُعَۃُُ). رَوَاهُ أََحْمَدُ .

Dari Ibnu Abbas RA, beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berbicara pada Hari Jum’at sementara

Imam sedang berkhutbah, maka dia seperti keledai yang membawa buku-buku (Kitab Taurat); dan orang yang berkata kepadanya, ‘Diamlah,’ maka tidak ada Jum’at baginya.”

Hadis ini menjelaskan tentang seseorang yang berbicara dalam khutbah Jumat seperti keledai yang membawa kitab Taurat. Hal ini diumpakan keledai yang membawa lembaran-lembaran tetapi keledai itu tidak mengetahui apa yang dibawa.

Orang yang mengatakan ‘diamlah’ kepada orang lain saat khutbah Jumat, maka tidak sah dan tidak ada artinya mengikuti salat jumat.

Hadis oleh Jabir RA

وَعَنْ جَابِرِِ رَضَيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : (دَخَلَ رَجُلُُ  يَوْمُ الْجُمُعَۃِ وَ النَّبِيُّ صَلَّی اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَقَالَ : صَلَّيْتَ؟ قَالَ : لاَ . قَالَ : قُمْ فَصَلِّ رَكّعَتَيْنِ ). مُتَّفَقُُ عَلَيْهِ.

Dari Jabir RA beliau berkata,

“Seorang laki-laki masuk (masjid) pada hari Jum’at sementara Nabi SAW sedang berkhutbah, maka beliau berkata, “Apakah kamu sudah shalat

SebelumnyaRangkuman Ngaji Tafsir Jalalain Surat Al An'am: 95-97 SesudahnyaLolos seleksi lomba MQK Santri Madrasah Al Musyaffa’ Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang akan mewakili Jateng untuk tingkat Nasional

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya