SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Hal-hal Yang Diperhatikan Bagi Calon Istri

Terbit 27 Juli 2022 | Oleh : Admin | Kategori : Tasawuf
Hal-hal Yang Diperhatikan Bagi Calon Istri

Rangkuman Ngaji Mauidhotul Mukminin
Selasa, 27 Juli 2022
Oleh : DR. K.H. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA

=================================

بسم الله الرحمن الرحيم

Ada delapan hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan berumahtangga agar pernikahan langgeng, serta tercapai tujuan pernikahan yang diharapkan. Diantaranya yaitu agama, akhlak, cantik, maharnya murah, tidak mandul, perawan, memiliki nasab baik, dan bukan kerabat dekat.

1. Wanita yang dinikahi harus memiliki pengetahuan agama yang kuat.
Hal ini merupakan pondasi utama yang sangat diperlukan dalam rumah tangga, karena wanita yang lemah agamanya dalam menjaga diri dan kemaluannya, ia akan menjatuhkan harga diri suami, mempermalukan dihadapan orang banyak, dan membuat kehidupannya tidak bahagia. Jika suami berusaha untuk mempertahankan istri yang memiliki sifat seperti itu, maka keluarga akan selalu dalam masalah. Sedangkan apabila ia mengabaikan istrinya, maka dianggap menyepelekan harga diri dan agamanya, serta dianggap tidak tegas terhadap istri dan dikenal dengan suami yang tidak mempedulikan istrinya.

Apabila memiliki istri yang lemah agamanya, seperti menghamburkan harta yang tidak semestinya, niscaya hidupnya akan suram. Jika suami diam melihat tingkah laku istrinya yang melakukan hal tersebut, maka suami dianggap ikut andil melakukan maksiat. Oleh sebab itu hendaknya seorang muslim mencari calon istri yang memiliki pengetahuan agama yang kuat.

Seperti sabdanya Rasulullah SAW:

فَقَالَ رَسُوْلُ اللّهِ صَلى اللّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ تُنْكَحُ المَرْأَةُ لِمَالِهَا وَ جَمَالِهَا وَ حَسَبِهَا وَ دِيْنِهَا فَعَلَيْكَ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Nikahilah wanita karena harta, kecantikan, nasab, dan agamanya, dan kamu harus mencari wanita yang kuat agamanya, jika tidak maka dirimu akan hina.”

Maksud dari hadist Rasulullah SAW diatas adalah apabila mencari calon istri maka dapat dilihat dari harta, kecantikan, nasab, dan agamanya. Dan calon istri yang diutamakan menurut Rasulullah SAW yaitu wanita yang memiliki pemahaman agama kuat, karena jika tidak maka dirinya akan hina.

2. Memiliki akhlak yang baik
Sesungguhnya wanita yang tidak memiliki akhlak yang baik, ucapannya buruk, menkufuri nikmat, itu lebih banyak madharatnya (bahayanya) daripada manfaatnya. Sesungguhnya sabar terhadap ucapan istri termasuk ujian yang lebih agung daripada ujian para orang alim (para wali).

3. Berwajah cantik
Memilih seorang istri dengan memiliki wajah cantik termasuk dianjurkan dalam agama islam, dengan begitu seorang suami akan lebih menjaga diri istrinya, karena biasanya suami tidak puas dengan istri yang berwajah jelek. Maka dari itu, hendaknya seorang suami melihat calon istri yang akan dinikahinya agar mengenal dan mengerti bagaimana wajah dan sifat aslinya.
Seperti sabdanya Rasulullah SAW:

قال رَسُوْلُ اللّهِ صَلى اللّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ اِذَا اَوْقَعَ اللّهُ فِي نَفْسِ اَحَدِكُمْ فَلْيَنْظُرْ اِلَيْهَا فَاِنَّهُ اَحْرَيْ اَنْ يُؤْدَمَ بَيْنَهُمَا

“Ketika Allah SWT mewujudkan rasa ingin menikah dihati seseorang, maka hendaknya ia melihat wanita yang hendak dinikahinya, karena hal itu akan mengantarkan terwujudnya kasih sayang diantara keduanya”.

Maka dari itu, hendaknya suami melihat calon istri yang akan dinikahinya karena dengan melihat dan mengenal calon istri, akan mewujudkan keharmonisan antara keduanya.

4. Wanita yang tidak mahal maharnya.
Sesungguhnya larangan meminta mahar mahal itu ada, dalam sebuah hadist:

مِنْ بَرَكَةِ المَرْأَةِ سُرْعَةُ تَزْوِجِهَا وَ سُرْعَةُ رَحْمِهَا اَيْ وِلَادَةِ وَ يُسْرِ مَهْرُهَا
“Diantara keberkahan seorang wanita adalah segera menikah, mudah melahirkan, dan maharnya murah”.

Maka dari itu hendaknya seorang muslimah tidak mempersulit calon suami dalam menentukan mahar, karena sebaik-baiknya wanita adalah yang murah maharnya.

والله أعلم بالصواب
============

Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan masih membuka kesempatan bagi para pembaca yang mau berikhtiar menjadi ahli surga dengan cara bersama-sama membantu mengembangkan PPFF ✨ .

SebelumnyaPONDOK PESANTREN FADHLUL FADHLAN ADAKAN PERINGATAN HAUL KE 3 SYAIKHINA MUROBBIRUKHINA KH MAIMOEN ZUBAIR Sesudahnyakhataman Rutinan Alquran Binadlor Akhir Bulan Santri PPFF

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya