SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Bab Hijrah Ditahun Kedua

Terbit 14 April 2022 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Pasanan
Bab Hijrah Ditahun Kedua
Rangkuman Ngaji Khulasoh Nurul Yaqin
Jilid 2
Senin, 4 April 2022
Oleh : Gus Ahmad Syauqi Istiqlaly
=================================
بسم الله الرحمن الرحيم
BAB PEPERANGAN
Bab ini menjelaskan tentang peperangan, jumlah peperangan tanpa Rasulullah SAW, jumlah peperangan bersama Rasulullah SAW, dan maksud meletakan batu nisan di maqbaroh.
1. Allah telah mengizinkan perang kepada kaum muslimin untuk setelah mereka menentang Rasulullah SAW untuk menyakiti pengikutnya, dan bersepakat untuk membunuh Rasulullah SAW.
2. Ditahun pertama ini dimulailah perang dengan satu pasukan Sariyah yang tidak diikuti Rasulullah SAW dibawah pimpinan paman beliau yaitu Hamzah bin Abdul Muthalib untuk menghadang rombongan orang Quraisy yang kembali dari Syam. Jumlah peperangan yang beliau ikuti 47 peperangan, dan 27 peperangan yang tidak diikuti Beliau.
3. Di tahun ini saudara sepersusuan Rasulullah SAW Utsman bin mazh’un wafat.
4. Sesudah Beliau wafat, Rasulullah memerintahkan untuk menyiram makamnya dan kemudian diletakkan batu diatasnya sambil berkata:” Batu ini sebagai pertanda makam saudaraku, dan siapa dari keluargaku yang wafat diperlakukan sama”.
BAB HIJRAH DITAHUN KEDUA
1. Di tahun kedua Hijriyah terjadi perang waddan, buwat, usyairah, dan badar yang pertama dan qorqoratul kadr, dan di semua itu tidak terjadi peperangan. Dan di tahun ini terjadi perang badar yang besar, dan qoinuqa’ dan sawiq.
2. Qoinuqa’ adalah suatu kaum dari Yahudi Madinah yang menampakkan permusuhan terhadap muslimin dan mengkhianati perjanjian yang telah dibuat bersama Rasulullah SAW.
3. Lalu Rasulullah mengepung mereka 15 hari hingga mereka merasa takut dan menyerah.
4. Dan mereka meminta Rasulullah SAW agar membebaskan mereka dan mengambil harta mereka, dan Rasulullah menerima, dan mengusir mereka dari Madinah beserta istri-istri mereka, dan orang-orang Islam mengambil harta mereka dan benteng mereka, dan tidak sampai setahun mereka semua meninggal.
Catatan kaki:
1) Waddan adalah suatu daerah antara Makkah dan Madinah. Rasulullah SAW keluar daerah bersama 60 laki-laki untuk menyerbu Kaum Quraisy
2) Buwath adalah gunung mengarah ke Yanbus. Suatu ketika Rasulullah SAW berangkat bersama 100 orang tentara berkuda untuk menyerang kaum Quraisy
3) ‘Usyairah adalah suatu jurang dekat Yanbus. Rasulullah SAW berangkat dengan 250 tentara untuk menyerbu kafilah Quraisy
4) Badar adalah suatu tempat air antara Makkah dan Madinah, perang ini juga dinamakan perang safwan
5) Qarqaratul Kadar adalah sebuah tempat dekat Madinah
6) Sawiq adalah makanan lunak yang dibuat dari tepung sya’ir dan gandum yang halus. Perang ini disebut sawiq karena ketika Rasulullah SAW menyerbu mereka lari dan meninggalkan makanannya agar tidak membebani mereka untuk melarikan diri.
BAB PERANG BADAR KUBRA (BESAR)
1. Perang badar qubra adalah bukti Allah memuliakan agama islam, menegakkan panji-Nya , menghapus kemusyrikan sampai ke akar-akarnya nya
2. Adapun sebabnya yaitu : suatu ketika Rasulullah SAW keluar bersama sahabatnya untuk menyerang kafilah orang quraisy yang kembali dari negeri syam yang berjumlah 313 orang .
3. Ketika orang quraisy mengetahui itu , lalu dikirimkanlah 950 orang lelaki untuk menjaga kafilah dan barang dagangan mereka . Rasulullah SAW dan para sahabatnya menyerbu mereka sehingga terjadilah pertempuran yang dahsyat
4. Kaum muslimin diberi kekuatan oleh Allah dengan balatentara malaikat , kemudian larilah orang-orang musyrik itu yang sebagian dari mereka terbunuh.
والله أعلم بالصواب
SebelumnyaINDAHNYA PEMANDANGAN TAMAN DI BELAKANG NDALEM PENGASUH PONDOK PESANTREN FADHLUL FADHLAN SesudahnyaBab Putra-Putri Rasulullah - Bab Bentuk Tubuh dan Sebagian Keadaan Rasulullah

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya