SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Shalat

Terbit 4 November 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Fiqih
Shalat
Kamis, 4 November 2021
Kajian Al-Yaqutun Nafis
Oleh : DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA
*SHALAT*
Shalat secara bahasa yaitu mendoakan kebaikan, sedangkan shalat secara syara adalah sekumpulan ucapan dan pekerjaan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.
*Shalat yang di Wajibkan (fardlu) dan Waktu Pelaksanaannya*
Shalat yang diwajibkan ada lima yaitu:
1. Shalat Dzuhur:
Shalat Dzuhur empat rakaat. Permulaan waktunya adalah ketika tergelincirnya matahari di sebelah barat. Sedangkan akhir waktunya adalah ketika jadinya bayangan segala sesuatu menyamai benda tersebut, selain bayangan waktu istiwa’ (ketika bayangan ada di bawah bendanya), Sedangkan akhir waktu dhuhur ketika bayangan sama panjangnya dengan benda).
2. Shalat Ashar:
Shalat Ashar empat rakaat. Permulaan waktunya adalah ketika bayangan segala sesuatu panjangnya menyamai benda tersebut, dan lebih sedikit (ketika bayangan sedikit lebih panjang dari bendanya)
3. Shalat Maghrib:
Shalat Maghrib tiga rakaat. Permulaan waktunya adalah ketika terbenamnya bola matahari dan akhir waktunya adalah ketika terbenamnya mega merah.
Ketika matahari berada di ufuk barat maka terlihat seperti bola, hal ini dikarenakan matahari tertutup atmosfer dan letaknya yang jauh dari bumi. Ketika matahari terbenam di ufuk barat maka waktu tersebut adalah permulaanya shalat Maghrib.
4. Shalat Isya:
Shalat Isya empat rakaat. Permulaan waktunya adalah ketika terbenamnya mega merah dan akhir waktunya adalah ketika terbitnya fajar shadiq.
5. Shalat Subuh:
Shalat Subuh dua rakaat. Awal permulaannya adalah ketika terbitnya fajar shadiq dan akhir waktunya adalah ketika terbitnya matahari.
Fajar shadiq yaitu fajar yang benar, ketika di sebelah ufuk timur terbentang mega putih secara horizontal ke arah kanan dan kiri. Waktu tersebut merupakan awal dimulainya shalat subuh.
والله أعلم بالصواب
Sekian rangkuman kitab Al-Yaqutun Nafis semoga bermanfaat. Nantikan rangkuman materi berikutnya di hari Kamis selanjutnya✨
SebelumnyaBAB 5: Mengusap 2 Muzah SesudahnyaPentingnya Memiliki Sifat Rendah Terhadap Ilmu Bagi Seorang Pelajar

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya