SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Kunjungan Wartawan Di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang

Terbit 16 Agustus 2021 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Berita
Kunjungan Wartawan Di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang

Ahad 15 Agustus 2021

Pondok pesantren Fadhlul Fadhlan “pesantren bilingual berbasis karakter salaf” Semarang merupakan pesantren yang mulai beroperasional sejak tahun 2018 lalu, meskipun usianya terbilang muda namun eksistensinya sudah di kenal hingga luar pulau jawa. Mulai dari kalangan masyarakat, para pejabat kota dan media-media massa berdatangan untuk silaturahmi ke PPFF.

Tepat pada hari ahad 15 Agustus 2021 Tim wartawan dari wawasan dan pengelola media online, media Gatra Online, Suara Merdeka, serta media Kedaulatan Rakyat silaturahmi ke PPFF untuk meliput fasilitas kewirausahaan yang ada di pesantren. Dengan antusias tinggi ada empat media massa sekaligus mendaftar untuk meliput hal-hal menarik di PPFF hal ini di sambut baik oleh pengasuh pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Setibanya di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan, tim wartawan, langsung di arahkan menuju ndalem (rumah kiyai) DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. pengasuh Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan untuk ngobrol santai sembari daharan (makan) bersama dengan menu-menu khas Arab yang telah disediakan.

Setelah itu, tim wartawan bersama DR. K.H Fadlolan Musyaffa’, LC., MA. Langsung menuju spot-spot menarik pesantren yang akan di liput mulai dari budidaya Maggot, budidaya jamur, pembibitan kurma, mini zoo, budidaya tanaman herbal, sayur-sayuran dan budidaya ikan bawal nila serta ikan lele.

Budidaya maggot merupakan salah satu budidaya BFF (Black Soldier Fly) yang bernilai jual tinggi mencapai 75 ribu perkilo, selain salah satu kewirausahaan pondok maggot juga di gunakan untuk memberi makan ternak mini zoo, ikan lele, bawal, dan nila milik pesantren. Disebelah kiri budidaya maggot terdapat budidaya jamur yang di olah sendiri sebagai salah satu menu favorit kantin pesantren seperti jamur krispi.

Bergeser sedikit ke sebelah masjid terdapat pembibitan kurma. Pembibitan ini telah di budidayakan sejak 2 tahun yang lalu. Kualitas bibitnya yang baik membuat masyarakat sekitar, jama’ah pengajian, hingga para pejabat berdatangan untuk membeli bibit. Kedepannya pembudidayaan bibit ini akan terus di kembangkan hingga penjualan ke seluruh daerah di Indonesia. Spot terakhir yang di kunjungi oleh tim media adalah mini zoo, di dalamnya terdapat aneka jenis unggas, ayam pelung, kalkun, kate, bangkok, angsa, mentok, bebek, burung dara, love berd, kakaktua, budidaya lele, bawal, ikan nila dan hewan-hewan lainnya seoerti kelinci, marmut dll. Mini zoo ini di bangun khusus untuk tempat wisata para santri yang nantinya akn di gunakan untuk sarana belajar mengenal hewan dan lingkungan oleh siswa RA dan MI.

Wah keren ya, bagaimana seru kan mondok di PPFF? selain memiliki tempat yang nyaman, kualitas pendidikan yang tinggi, Instagramable dan wisata alam yang keren, pondok pesantren Fadhlul Fadhlan juga memiliki bidang kewirausahaan. Tunggu apa lagi ayo segera bergabung bersama kami di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang.

SebelumnyaKeceriaan Santri Putra Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan SesudahnyaMacam-macam Air #2

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya