SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

Hari Raya Kurban 1442 H Ala Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan

Terbit 20 Juli 2021 | Oleh : Team Mdc | Kategori : Berita
Hari Raya Kurban 1442 H Ala Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan

Selasa, 20 Juli 2021

ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR WALILLAHI ALHAMD.

 

Hari Raya Qurban Ala Santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan “pesantren bilingual berbasis karakter salaf” Semarang.

 

Tak dapat dipungkiri, virus corona terus mewabah di Indonesia yang berdampak pada segala segala bidang mulai dari ekonomi hingga kegiatan keagamaan. Adanya PPKM, anjuran untuk tidak beribadah di masjid hingga pelarangan penyembelihan Qurban.

 

Namun Alhamdulillah keadaan di luar sana berbeda dengan keadaan di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Pasalnya Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan ldiockdown, protkes ketat, sehingga bisa gelar acara shalat Idul Adha dan pemotongan hewan Qurban dengan suasana ceria dan antusias yang tinggi dari para santri mulai dari jenjang murid MI hingga Mahasiswa. Sebelum pemotongan hewan qurban, seluruh santri melaksanakan shalat Idul Adha di masjid Raudhatul Jannah yang di imami langsung oleh pengasuh pesantren DR. K.H Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. dan di dampingi oleh ibu Nyai Hj Fenty Hidayah S.Pdi.

 

Tepat pukul 08:00 pemotongan hewan Qurban dimulai, dengan total 4 ekor sapi dan 12 kambing dari DR. K.H Fadlolan Musyaffa’ Lc., MA., Bapak Hendrar Prihadi, S.E., M.M. Walikota Semarang, Kepala Dinas Kota Semarang dan para jama’ah pengajian DR. K.H Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. Kegembiraan dan antusias terpancar di wajah seluruh santri ketika proses penyembelihan hingga pengolahan daging yang akan di buat sate dan asem-asem. Seluruh santri saling bekerja sama dan memiliki tugas masing-masing. Santri putra menyembelih, membersihkan daging memotong daging dan membakar sate sedangkan santri putri memiliki tugas sendiri untuk mengiris daging, mencincang dan menusuki sate sampai mencuci alat masak dan menyiapkan bumbu-bumbu sambil saling bercengkrama bahkan dari beberapa santri berkata “Alhamdulillah bisa melaksanakan shalat Idul Adha bjama’ah. Dan Alhamdulillah bisa merasakan kemeriahan hari Raya Qurban”.

 

Kegembiraan santri-santri MI, MTs, dan MA semakin bertambah ketika melakukan silaturahmi online bersama orang tua seraya mengobati rindu melalui zoom meeting yang disediakan langsung oleh DR. K.H Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA. Serangkaian acarapun di tutup dengan menikmati sate dan asem-asem dengan porsi daging yang lebih banyak daripada nasinya, kami biasa menyebutnya “makan daging lauk nasi” Alhamdulillah.

 

Selamat hari raya Idul Adha 1442 H semoga kita senantiasa selalu dalam lindungan Allah dan dapat dipertemukan kembali dengan hari raya berikutnya Aamiin allahumu Aamiin.

Rangkaian Acara Hari Raya Idul Adha 1442 H di Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarang


Rabu , 21 Juli 202

Setelah proses penyembelihan, pengulitan, pembakaran sate, pembuatan sayur asem-asem selesai, rangkaian pengolahan daging kurban dilanjutkan dengan pembuatan bakso. Hari ini, di hari kedua Idul Adha santri disiapkan makan tengkleng dan diasyikan dengan kegiatan pembuatan bakso seberat 220 kg.

 

Seluruh santri turut andil dalam pembuatan bakso. Santri merasa bahagia karena mereka tidak jenuh dan bosan di pondok. Mereka senang dapat berkreatifitas mengolah bersama daging yang disediakan dari pondok dengan berbagai macam bentuk olahan.

 

Alhamdulillah.. barakallah ✨

SebelumnyaSelamat Hari Raya Idul Adha 1442 H SesudahnyaSantap Sore Bersama Santri Putri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya