SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan
WAKTU :

MUKADIMAH Kitab Nuruzh Zhalam

Terbit 13 April 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Pasanan
MUKADIMAH Kitab Nuruzh Zhalam
Rangkuman Ngaji Pasanan
Kitab Nuruzh Zhalam
Karya Sheikh Nawawi al-Bantani
Oleh DR. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA.
13 April 2021/ 1 Ramadhan 1442
Kitab Nuruzh Zhalam adalah Syarah dari Nazham Aqidatul Awam, yaitu Nazham aqidah yang ditulis oleh Syaikh Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki.
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat kepada hamba-Nya yang beriman, dan memuliakan hamba-Nya dengan menambah anugerah akan melihat-Nya di surga. Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Merajai alam semesta, dan bahwa sesungguhnya Tuan kita Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya yang memiliki tempat yang mulia. Salawat serta salam selalu tercurahkan kepada utusan-Nya, para sahabat, dan tabi’in.
Perlu diketahui sebab ditulisnya nazhaman Aqidatul Awam ini, bahwa Syeikh Ahmad Al Marzuqi telah bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW di waktu akhir malam Jum’at dari awal Jum’at bulan Rajab pada tahun 1258. Dalam mimpinya beliau melihat Rasulullah SAW dikelilingi oleh para sahabat. Kemudian Rasulullah SAW memerintahkannya membacakan Nazham yang barang siapa menghafalnya akan masuk surga. Kemudian Syeikh Ahmad Al Marzuqi menjawab :” Nazham apa yang harus saya baca Ya Rasulullah?”. Para sahabat menjawab :” Dengarkanlah apa yang akan diucapkan oleh Rasulullah”.
Maka Rasulullah berkata: “Katakanlah
أبدأ باسم الله والرحمن
Sampai akhir bait Aqidatul Awam
وصحف الخليل والكليم * فيها كلام الحكم العليم “
Kemudian Syeikh Ahmad Al Marzuqi menirukan Nazham yang telah disampaikan oleh Rasul. Dan ketika terbangun dari tidur, Syeikh Ahmad Al Marzuqi langsung menulis Nazham tersebut.
5 bulan setelahnya pada malam Jum’at yaitu malam ke 28 bulan Dzulqo’dah, Syeikh Ahmad Al Marzuqi bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW untuk yang kedua kalinya pada waktu sahur. Dalam mimpinya, Rasulullah SAW berkata:” Bacalah apa yang tersimpan di hatimu!” Maka Syeikh Ahmad Al Marzuqi membacakan Nazham Aqidatul Awam dengan berdiri di hadapan Rasulullah. Dan para sahabat yang ada di sekeliling Rasul mengucapkan “Aamiinn” di seluruh bait Nazham.
Kemudian Rasulullah SAW berkata :” Bahwa Allah telah mencukupi, menerima, dan meridhoi yang telah kamu hafal. Keberkahan tercurah kepadamu dan orang – orang yang beriman, serta bermanfaat bagi setiap hamba Allah. Aamiin.”
Wallahu a’lam bisowab
SebelumnyaAdab yang Lembut dan Amalan Batin Dalam Haji #5 SesudahnyaSekapur Sirih Kitab Assholah fil Hawaa dari Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, Lc., MA

Berita Lainnya

0 Komentar

Lainnya